Lokasi yang Cocok untuk Rumah Walet

Pertanianku Rumah walet tidak bisa dibangun di sembarang tempat bila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Rumah perlu dibangun di daerah lintasan burung walet. Ukuran tinggi bangunan harus disesuaikan dengan ketinggian walet melintasi daerah tersebut. Ketinggian jalur lintas walet tersebut dipengaruhi oleh kecepatan angin. Adapun pilihan lokasi yang memiliki prospek bagus untuk membangun rumah walet sebagai berikut.

rumah walet
foto: Trubus

Lokasi walet terbang rendah

Lokasi ini terbilang lebih prospektif untuk didirikan rumah baru dibanding lokasi walet terbang tinggi. Hal ini karena di lokasi burung yang terbang tinggi tidak ada aktivitas lain selain terbang ke sumber pakan atau kembali ke rumah asal. Di saat pagi hari, koloni walet terbang memburu pakan. Saat sore hari, walet pulang ke rumahnya dengan laju terbang yang cepat.

Pada lokasi ini sering ditemukan aktivitas lain yang dilakukan walet, yaitu menyambar serangga di perjalanan sambil terbang. Di lokasi tersebut sebenarnya juga merupakan daerah sumber pakan. Contoh lokasi seperti ini adalah pinggiran areal persawahan, sekitar kawasan hutan, sepanjang sungai, dan sekeliling rawa-rawa.

Oleh karena dekat dengan sumber pakan, lokasi tersebut cukup prospektif untuk membangun rumah walet. Hal ini karena walet cenderung memilih lokasi tempat hunian yang dekat dengan sumber pakan.

Lokasi lintasan besar

Pembangunan rumah walet di lintasan besar memiliki prospek yang cukup bagus. Gedung di lokasi lintasan ini biasanya menjadi alternatif bagi walet-walet muda untuk “singgah sementara” setelah menempuh jarak yang jauh antara rumah asal ke sumber pakan.

Di lokasi lintasan ini, rumah menjadi alternatif yang baik sebagai tempat “persembunyian” yang aman dari ancaman predator yang mencegat di tengah perjalanan pada sore hari. Pada musim hujan dan angin kencang, rumah di lokasi lintasan sangat dibutuhkan oleh walet untuk “menginap”.

Baca Juga:  Ciri-ciri Ayam yang Sedang Sakit

Jika kebiasaan “singgah sementara”, “bersembunyi”, dan “menginap” selalu dilakukan oleh koloni walet di suatu rumah/bangunan, “proses” itu akan berlanjut dengan terpilihnya rumah tersebut sebagai tempat bersarang.

Lokasi tidak jauh dari sentra walet

Lokasi ini memiliki kelebihan karena populasi walet yang terus berkembang. Dengan begitu, walet akan mencari tempat hunian baru yang jaraknya tidak jauh. Selain itu, gedung yang dibangun di lokasi ini dapat mencegat koloni yang akan pulang ke sentra.