Lokasi yang Cocok untuk Ternak Itik

Pertanianku — Sebelum memulai usaha ternak itik, Anda perlu mempertimbangkan lokasi yang cocok. Pasalnya, lokasi dapat memengaruhi proses usaha ternak yang akan dijalankan. Lokasi peternakan yang bagus untuk itik sebaiknya berada jauh dari pemukiman penduduk, jauh dari suara bising kendaraan, dan jauh dari lokasi pabrik.

ternak itik
foto: Pertanianku

Namun, lokasi peternakan harus mudah diakses dari jalan raya. Bukan berarti lokasi harus di daerah terpencil karena untuk menghindari kebisingan. Lokasi yang terlalu sulit untuk dijangkau oleh kendaraan malah akan menimbulkan permasalahan ketika Anda ingin memasarkan telur hasil panen.

Sebenarnya, itik petelur cukup mudah beradaptasi di berbagai kondisi lingkungan yang ada di Indonesia. Apalagi jika Anda menggunakan itik ratu, itik hasil persilangan dari alabio pejantan dan itik mojosari betina. Namun, Anda tetap harus memerhatikan kondisi lingkungan yang akan dijadikan lokasi beternak.

Kandang yang ideal untuk itik petelur berada di daerah sejuk dan sedikit panas. Itik tidak mampu bertahan di lokasi yang terlalu panas. Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan itik kesulitan melakukan sekresi panas dari dalam tubuhnya karena itik memiliki lemak di bawah kulitnya.

Di habitat aslinya, itik merupakan ternak air. Hal tersebut ditandai dengan adanya lemak di bagian bawah kulit. Lemak tersebut membuat itik bisa berenang di air.

Kondisi lingkungan yang ideal bagi itik ialah daerah sejuk dengan suhu sekitar 24—31°C dan tingkat kelembapan udara sekitar 70—65 persen.

Hal lain yang patut untuk diperhitungkan juga adalah tingkat keamanan. Lingkungan yang tidak aman malah akan membuat Anda tekor alias rugi karena pencurian, penjarahan, kebakaran hutan, terkaman binatang buas, atau bahkan kerusuhan.

Anda perlu mempelajari faktor keamanan lingkungan daerah yang akan dipilih sebagai lokasi peternakan. Tingkat keamanan kandang masih menjadi salah satu faktor yang sering disepelekan oleh peternak. Percuma saja apabila kondisi lokasi sudah cocok, tetapi tingkat keamanannya rendah. Jika dipaksakan, justru malah akan menimbulkan kerugian di kemudian hari. Oleh karena itu, sebaiknya cari lokasi lain yang sesuai dan aman.

Baca Juga:  Ayam Serama, Ayam Terkecil yang Mendunia

loading...