Lokasi yang Sesuai untuk Kandang Sapi Limousin

Pertanianku — Pemilihan lokasi yang sesuai dapat memengaruhi jalannya usaha. Sehingga lokasi usaha perlu disesuaikan dengan jenis dan pengembangan usaha nantinya. Misalnya, usaha pembibitan dan pembesaran membutuhkan lokasi yang berbeda. Itu sebabnya Anda perlu mencari lokasi yang sesuai untuk kandang sapi limousin. Berikut ini beberapa kriteria lokasi kandang sapi limousin yang baik.

kandang sapi limousin
foto: Pertanianku

Dekat dengan sumber pakan alami

Lokasi yang dipilih sebaiknya berada dekat dengan sumber pakan alami, seperti persawahan, perladangan, atau perkebunan. Lokasi yang berada di dekat sumber pakan dapat memudahkan Anda untuk mengefisiensikan biaya pakan karena pakan dapat memanfaatkan limbah dari sawah, ladang, dan kebun. Bahan pakan yang berasal dari limbah pertanian atau perkebunan yang sering digunakan adalah jerami dan dedak.

Lahan terbuka

Untuk Anda yang tertarik membangun kandang peternakan dengan model ranch atau gembalaan, lahan yang dipilih harus cukup luas. Pasalnya, lahan tersebut diperlukan untuk menggembalakan ternak dan menjadi tempat pemasok pakan untuk ternak.

Memanfaatkan pepohonan

Pembangunan kandang sebaiknya jangan merusak pohon di lokasi tersebut. Pohon tersebut dapat berguna untuk memecah angin sehingga kandang tidak diterpa secara langsung oleh angin yang terlalu kencang.

Selain pemecah angin, pohon di sekitar peternakan juga dapat berfungsi sebagai pembatas dan penyaring bau, debu, serta kebisingan yang dapat menyebabkan ternak stres.

Tanah landai

Lokasi untuk peternakan sapi limousin harus memiliki permukaan yang landai agar memudahkan pekerja ketika membangun kandang dan keluar masuk kendaraan yang mengangkut keperluan peternakan dari kandang.

Jauh dari perumahan, industri, dan pertambangan

Lokasi peternakan yang paling ideal berada jauh dari perumahan, industri, dan pertambangan. Kandang ternak yang terlalu dekat dengan perumahan dapat menyebabkan warga sekitar terganggu dengan bau dan limbah kandang. Namun, jika Anda terpaksa membangun kandang dekat perumahan, bangunlah tembok setinggi 3 m sebagai peredam angin agar warga sekitar tidak menghirup aroma yang kurang sedap dari kandang.

Baca Juga:  Jenis-jenis Burung Kenari yang Banyak Dijual di Pasar

Mudah diakses dari jalan besar

Kandang yang mudah diakses dari jalan besar dapat membantu proses produksi untuk mengangkut kebutuhan operasional produksi serta hasil masuk dan keluar perusahaan.