Lokasi yang Sesuai untuk Menanam Kubis

Pertanianku — Sebenarnya, ada banyak jenis kubis yang bisa dimanfaaatkan sebagai sayuran, tetapi hanya jenis kubis putih dan kubis bunga yang dikomersilkan di Indonesia. Peluang usaha budidaya kubis terbilang cukup baik di Indonesia, permintaan terhadap komoditas ini tak pernah surut. Agar berhasil mendapatkan hasil panen yang melimpah, usaha budidaya harus dilakukan di lokasi menanam kubis yang sesuai dengan tanaman.

lokasi menanam kubis
foto: Pertanianku

Lokasi yang baik untuk menanam kubis adalah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.000—3.000 mdpl. Jenis kubis tunas bisa dibudidayakan di daratan dengan ketinggian lebih dari 800 mdpl.

Jika Anda ingin membudidayakan kubis di dataran rendah, sebaiknya gunakan jenis kubis putih hybrid K-Y cross dan K-K cross yang berasal dari Jepang. Kubis yang ditanam di dataran rendah pada umumnya sulit untuk membentuk krop dan berbunga.

Kubis hanya dapat tumbuh dengan baik jika ditanam di dataran tinggi. Tak heran, daerah sentra penghasil kubis terdapat di daerah Cipanas, Lembang, Pangalengan, Wonosobo, Tawangmangu, Tengger, Punten, Malang, Karo, dan Malino.

Lokasi yang digunakan untuk menanam sebaiknya memiliki tanah gembur, bersarang, kaya akan bahan organik, suhu udara rendah dan lembap, serta keasaman tanah (pH) sekitar 6—7. Anda harus memerhatikan kondisi pH tanah karena kubis merupakan tanaman yang sangat peka terhadap tingkat keasaman tanah. Waktu yang baik untuk menanam kubis adalah awal musim kemarau dan awal musim hujan.

Lahan yang akan digunakan untuk menanam harus diolah terlebih dahulu dengan cara dicangkul dan diberi pupuk kandang. Buatkan bedengan dengan lebar sekitar 80 cm dan panjang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selanjutnya, berikan naungan untuk menjaga agar daerah perkebunan tetap lembap, tapi tidak terlalu basah. Daerah persemaian juga harus dijaga agar tidak terlalu basah karena bisa menyebabkan bibit kubis terserang cendawan.

Baca Juga:  Bumbu Masakan yang Dapat Berguna Sebagai Pestisida Alami

Biji kubis harus disemai terlebih dahulu di media persemaian. Persemaian bisa dilakukan di dalam pot plastik ataupun lahan. Bibit baru bisa dipindahkan setelah berumur satu bulan setelah ditebarkan.