Lokasi yang Sesuai untuk Menanam Lengkeng Matalada

Pertanianku — Lengkeng matalada terkenal sebagai buah lengkeng berbiji kecil. Selain itu, kulit buahnya yang berwarna putih membuat lengkeng ini disukai oleh banyak orang, termasuk hobiis tanaman buah. Hal tersebut menyebabkan banyak pehobi tanaman buah mulai tertarik menanam lengkeng matalada.

menanam lengkeng matalada
foto: pertanianku

Lengkeng berbiji kecil ini berasal dari Serawak, Malaysia. Dibawa oleh Ir. Wiwik Wijayahadi, pekebun buah di Yogyakarta. Setelah buah ini berhasil tumbuh subur di Indonesia, kemudian pohon lengkeng matalada diperbanyak dan kini bibitnya sudah beredar di pasaran.

Pohon buah lengkeng matalada termasuk pohon buah yang cepat berbuah. Dengan perawatan yang benar, pohon sudah bisa mulai berbuah ketika berumur dua tahun atau sekitar delapan bulan setelah dipindahkan ke lahan atau pot.

Menanam lengkeng matalada terbilang gampang-gampang-susah. Anda perlu menyesuaikan lokasi yang tepat agar pohon dapat berbuah dengan lebat. Lokasi memang menjadi salah satu kunci kesuksesan untuk mendapatkan panen buah yang melimpah.

Pada dasarnya, lengkeng matalada merupakan buah dataran rendah yang bisa ditanam di ketinggian 0—700 mdpl. Pohon bisa tumbuh subur di daerah pantai dengan ketinggian 0 mdpl jika daerah tersebut memiliki tanah top soil yang subur.

Lengkeng berbiji kecil ini sebenarnya bisa ditanam di dataran tinggi sekitar 1.000 mdpl. Hanya saja suhu di ketinggian tersebut tidak mendukung pertumbuhan buah.

Pohon lengkeng membutuhkan perbedaan suhu antara siang dan malam hari. Di dataran tinggi, dengan suhu pada siang dan malam hari membuat pertumbuhan lengkeng di dataran tinggi menjadi tidak optimal. Pertumbuhan pohon di dataran tinggi lebih lambat dan pertumbuhan bunganya jarang terjadi.

Lengkeng matalada membutuhkan intensitas cahaya matahari secara penuh, sekitar 7—8 jam lamanya. Pohon buah ini sebaiknya ditanam di daerah terbuka tanpa ada naungan. Intensitas cahaya matahari langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Baca Juga:  Lokasi yang Cocok untuk Menanam Melon

Pohon buah cukup toleran dengan curah hujan yang tinggi sekitar 1.500—3.000 mm/tahun. Lokasi yang digunakan untuk menanam lengkeng matalada harus memiliki tanah dengan pH yang normal sekitar 6—7, kaya akan kandungan organik, dan poros.

Untuk mencoba bertanam lengkeng matalada, Anda bisa mendapatkan bibit lengkeng matalada di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam keperluan bertanam yang lengkap. Mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda.


loading...