Lokasi yang Tepat untuk Budidaya Cacing Sutera Secara Modern

Pertanianku — Pemilihan lokasi budidaya cacing sutera harus memerhatikan beberapa aspek, yakni aspek teknis, ekonomi, dan sosial. Faktor teknis berkaitan dengan lahan sebagai wadah budidaya. Faktor ekonomi berkaitan dengan pendukung pemasaran dan biaya produksi. Adapun faktor sosial berkaitan dengan respons masyarakat di sekitar lokasi.

lokasi budidaya cacing sutera
foto: pertanianku

Aspek teknis

Secara teknis, lokasi budidaya cacing sutera sangat dipengaruhi oleh konstruksi wadah yang akan dibangun serta biaya operasional dan pemeliharaannya. Area yang dipilih sebaiknya memiliki kemiringan sekitar 3—5 persen. Tanah dasar dan pematang harus dapat menahan air (tidak porous). Jenis tanah liat saja kurang baik untuk digunakan karena bersifat kaku jika kering, lengket saat basah, dan lembek saat dialiri air.

Jenis tanah yang baik untuk budidaya cacing sutera adalah campuran tanah liat dan endapan lempung yang mengandung bahan organik. Tanah tersebut harus subur agar produksi cacing sutera menjadi lebih maksimal.

Perhatikan juga kualitas air yang digunakan. Air tersebut bisa berasal dari sumur, aliran irigasi, sungai, atau mata air. Air-air yang akan digunakan sebaiknya ditampung terlebih dahulu untuk diendapkan.

Aspek ekonomi

Aspek ekonomi berkaitan erat dengan produksi dan pemasaran. Lokasi yang dipilih harus dapat membuat produksi dan pemasaran menjadi lebih mudah. Lokasi tersebut harus dekat dengan sumber air untuk menekan biaya pengadaan pompa dan instalasinya.

Lokasi sebaiknya dekat dengan sarana penunjang seperti sarana komunikasi, sarana jaringan listrik, dan sarana transportasi. Lokasi budidaya yang dekat dengan jalan dapat memudahkan proses pemasaran, tetapi tidak dekat dengan pemukiman penduduk atau industri.

Terakhir, yang tidak kalah penting ialah lokasi sebaiknya dekat dengan daerah pemasaran. Hal ini agar biaya transportasi tidak terlalu besar dan kualitas cacing sutera yang dikirim tidak menurun.

Baca Juga:  Cara Membuat Pakan Silase Lengkap ala Penyuluh BPTP Lampung

Aspek sosial

Lingkungan hidup dan kelestarian alam di sekitar lokasi budidaya terjaga. Sumber daya alam yang berada di sekitar tempat budidaya bisa digunakan sehingga Anda tidak perlu mencari ke daerah lain yang lebih jauh. Penduduk yang berada di sekitar lokasi budidaya dapat diandalkan sebagai tenaga kerja. Dengan begitu, Anda dapat berpartisipasi mengurangi pengangguran dan tidak perlu mengeluarkan biaya tenaga kerja yang lebih mahal karena transportasi.