Lokasi yang Tepat untuk Budidaya Ikan Nila

Pertanianku — Pemilihan lokasi yang strategis untuk budidaya ikan nila berperan penting untuk menunjang keberhasilan budidaya. Langkah pertama yang harus diperhatikan saat memiliki lokasi budidaya ikan nila adalah tersedianya air berkualitas yang merupakan tempat hidup dan berkembang biak bagi nila.

lokasi budidaya ikan nila
foto: pertanianku

Air dibutuhkan oleh ikan nila untuk tumbuh dan berkembang biak secara optimal. Jika Anda membudidayakan dalam keramba jaring apung, kualitas air ditentukan dari sumber air tersebut, misalnya danau, sungai, atau waduk. Ketiga sumber air tersebut harus mengikuti standar air yang baik untuk nila berkembang.

Selain air berkualitas, kuantitas air tidak boleh diabaikan dan menjadi syarat mutlak untuk menentukan lokasi budidaya ikan nila yang tepat. Memang Anda masih bisa menutupi kekurangan sumber air yang tidak tersedia sepanjang tahun dengan air tanah. Namun, pengambilan air tanah akan membutuhkan waktu yang lebih lama serta biaya yang lebih besar dan akan memengaruhi besaran biaya produksi yang dibutuhkan.

Loading...

Semakin membesarnya biaya produksi akan memengaruhi besaran harga ikan yang harus dijual. Jika terjadi, keuntungan Anda akan semakin mengecil karena pembeli akan merasa enggan membeli ikan dengan harga yang lebih mahal.

Faktor lainnya yang harus dipertimbangkan adalah keamanan, baik keamanan dari segi bencana alam maupun faktor sosial. Lokasi budidaya ikan nila harus terbebas dari banjir pada saat musim hujan tiba.

Perhatikan jarak limpahan air saat hujan lebat berdasarkan riwayat tempat tersebut sebelumnya. Riwayat tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memutuskan apakah tempat itu layak menjadi kolam budidaya atau tidak.

Faktor selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah keamanan dari aspek sosial. Anda harus memastikan dengan baik lokasi kolam aman dari tindakan pencurian. Faktor ini terkadang diabaikan oleh beberapa peternak. Ada yang sudah menemukan lokasi yang cocok secara teknis tapi tidak menguntungkan karena dari aspek sosial, lokasi kolam tidak aman karena mudah dicuri oleh orang.

Baca Juga:  Budidaya Artemia di Tambak Menjadi Penghasilan Tambahan Penambak Garam

Faktor rawan pencuri justru menjadi faktor yang menyebabkan kerugian yang tidak disadari. Salah satu cara untuk meminimalisir kerugian dari pencurian adalah melakukan pendekatan sosial yang baik pada masyarakat sekitar kolam budidaya ikan nila untuk menemukan solusi tersebut. Anda juga bisa memasang pengaman yang sesuai dan memadai untuk menghalau pencuri mengambil ikan di dalam area budidaya.

Loading...
Loading...