Lokasi yang Tepat untuk Pentokolan Udang

    Pertanianku — Pentokolan udang merupakan proses adaptasi udang agar mampu hidup di air tawar yang dilakukan pada stadia pascalarva hingga berukuran tokolan atau sekitar ukuran 2 cm. Proses pentokolan berlangsung selama 1—2 minggu. Karena proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, lokasi pentokolan udang harus diperhatikan lebih serius.

    lokasi pentokolan udang
    foto: pertanianku

    Usaha rumahan biasanya melakukan pentokolan udang vanamei dan windu air tawar di mana saja. Namun, sebenarnya lokasi dapat menentukan hasi pentokolan. Oleh karena itu, sebelum menetapkan lokasi pentokolan udang, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

    Letak tempat pentokolan

    Loading...

    Usahakan pilihlah lokasi usaha yang dekat dari rumah tinggal agar mempermudah proses kontrol, perawatan, dan pengawasan.

    Dekat dengan lokasi pembesaran dan didukung oleh sumber air tawar

    Lokasi pentokolan sebaiknya dipilih yang dekat dengan lokasi pembesaran untuk memudahkan proses pemindahan dari kolam pentokolan ke kolam pembesaran. Sumber air tawar menjadi hal mutlak yang harus dimiliki karena air tawar dapat menurunkan salinitas air di dalam kolam. Sebaiknya, pilih lokasi yang bisa mendapatkan air laut dengan mudah karena air laut sangat dibutuhkan pada awal proses.

    Lokasi pembuangan limbah air kegiatan

    Pilihlah lokasi kolam yang memudahkan Anda untuk membuang air laut limbah kegiatan usaha seperti di dekat sungai atau langsung dekat dengan laut. Air limbah tersebut berupa air asin yang bisa mengganggu kehidupan makhluk hidup di darat seperti padi dan tanaman yang membutuhkan air tawar sebagai sumber kehidupannya.

    Mudah dijangkau dengan transportasi

    Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan karena akan memudahkan proses pengangkutan sarana produksi dan hasil produksi. Hal ini disebabkan bahan yang diangkut adalah makhluk hidup seperti hasil produksi berupa tokolan dan bahan produksi berupa benur. Kedua makhluk hidup tersebut memiliki waktu yang relatif pendek sehingga membutuhkan proses transportasi yang berlangsung cepat.

    Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

    Terpenuhinya faktor lain

    Ada banyak faktor pendukung yang memengaruhi keberhasilan usaha, seperti kemudahan dalam komunikasi, pemasaran, dan kemudahan untuk mendapatkan benur windu dan vanamei yang sehat.

    Loading...
    Loading...