Luar Biasa! Ekspor Kopi Indonesia ke Korsel Meningkat Hingga 53 Persen


Pertanianku Ekspor kopi Indonesia ke Korea Selatan mengalami peningkatan yang signifikan. Fakta tersebut berdasarkan catatan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag), sebagaimana dilansir dari Republika.co.id, Senin (13/11).

ekspor kopi Indonesia
Pixabay

Pada 9 — 12 November 2017 Indonesia ambil bagian di ajang Seoul International Cafe Show 2017 di Convention & Exhibition Center (COEX), Seoul, Korea Selatan. Ada 12 pelaku usaha dari bidang industri kopi, coco sugar, dan glassware yang tampil dalam Paviliun Indonesia pada ajang pameran itu.

Selama periode Januari—Agustus 2017, nilai ekspor kopi ke Negeri Ginseng tersebut mencapai 9,42 juta dolar AS. Jumlah tersebut meningkat 53,01 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Berdasarkan pernyataan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Ir. Arlinda, MA, tingginya permintaan kopi Indonesia tersebut dipicu oleh meningkatnya konsumsi kopi di Korsel.

Berdasarkan laporan media massa Korea Selatan, Yonhap, penduduk negara tersebut mengonsumsi rata-rata 500 gelas kopi sepanjang 2016. Dalam satu dekade terakhir, konsumsi kopi di negara dengan ekonomi terbesar ke-4 di Asia ini juga tercatat meningkat sebesar 25 persen.

“Hal ini yang mendorong tumbuhnya ekspor kopi dari Indonesia dalam lima tahun terakhir sebesar 14,39 persen,” kata Arlinda, melalui keterangan tertulisnya.

Ia menuturkan, minat warga Korea terhadap komoditas kopi tersebut merupakan peluang untuk meningkatkan ekspor. Oleh sebab itu, Indonesia melakukan promosi dengan cara ikut berpartisipasi dalam Seoul International Cafe Show 2017.

Partisipasi Indonesia dalam Seoul International Cafe Show 2017 ini digagas oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) bersama Kedutaan Besar RI di Seoul dan Atase Perdagangan (Atdag) Seoul dan Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Busan.

Baca Juga:  Beragam Faktor Penyebab Kenaikan Harga Telur dan Ayam

“Promosi ini merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk membuktikan kualitas dan varian produk yang dimiliki,” terang Arlinda.

Saat ini, Indonesia sendiri tercatat sebagai eksportir kopi terbesar keempat di dunia. Pada 2016 lalu, total produksi kopi nasional mencapai 639.000 ton.

loading...
loading...