Luar Biasa, Ini 7 Manfaat Ikan Salmon yang Perlu Anda Tahu!


Pertanianku — Ikan termasuk dalam kebutuhan konsumsi 4 sehat 5 sempurna. Dan, salah satu jenis ikan yang memiliki reputasi hebat di dunia kesehatan serta kebugaran adalah salmon. Salmon adalah bagian dari “keluarga” ikan berlemak seperti hering, makarel, dan sarden. Manfaat ikan salmon yang paling dikenal, yaitu untuk kesehatan jantung, serta berperan menurunkan berat badan.

manfaat ikan salmon
Pixabay

Ternyata, masih banyak khasiat lain dari daging salmon yang perlu Anda ketahui. Setidaknya, ada tujuh manfaat luar biasa lainnya dari daging salmon. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Sumber lemak sehat

Konsultan Nutrisi dokter Rupali Dutta mengatakan, salmon adalah sumber lemak sehat yang baik. Asupan EFA (asam lemak esensial) yang seimbang dan cukup dapat membantu membakar lemak tubuh dan memberi energi.

  1. Sumber vitamin dan mineral

Berdasarkan buku Healing Foods, ikan salmon disebut sebagai ikan berlemak yang sarat akan vitamin A, D, E, dan K. Rangkaian vitamin tersebut bermanfaat bagi sendi tulang, mata, memberi “makan” otak, memperbaiki otot, dan mengatur keseimbangan metabolik.

  1. Meningkatkan daya ingat

Menurut dokter Dutta, salmon menghasilkan nutrisi bagi otak. Kandungan asam lemak omega-3 yang tingi pada salmon dapat mempertajam kemampuan otak, dan memperbaiki retensi ingatan. Salmon juga diketahui dapat mengurangi risiko demensia dan hilangnya fungsi mental.

  1. Anti-inflamasi

Sifat anti-inflamasi salmon menjadikannya salah satu makanan yang paling disukai di dunia kesehatan. Salmon dikenal pula rendah asam lemak omega-6 pro-inflamasi yang diketahui banyak ditemukan dalam makanan “modern”.

Inflamasi atau juga dikenal dengan sebutan peradangan merupakan upaya tubuh untuk perlindungan diri. Tujuannya, menghilangkan rangsangan berbahaya, termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, atau patogen, dan memulai proses penyembuhan.

  1. Menurunkan tekanan darah
Baca Juga:  Jadi Ikan Laut Terfavorit, Populasi Tuna Terancam

Menurut buku Healing Foods yang diterbitkan DK Publishing, salmon disebut sebagai ikan yang kaya asam lemak omega-3, asam eicosapentaenic (EPA), dan asam docosahexaenoic.

Kombinasi dengan selenium berlimpah, dan asam lemak omega-3 membantu menurunkan tekanan darah. Seperti yang telah dipahami, tekanan terhadap tingkat kolesterol dan peradangan dalam darah mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut dokter Simran Saini, ahli nutrisi di Rumah Sakit Fortis, salmon pun sangat baik untuk kesehatan kardio-muscular.

  1. Mengurangi berat badan

Salmon disebut-sebut sebagai salah satu makanan dengan proporsi protein yang sangat besar. Jumlah kandungan protein yang besar itu membuat salmon menjadi salah satu sahabat terbaik untuk menurunkan berat badan secara sehat. Ikan salmon memiliki lemak jenuh lebih sedikit daripada kebanyakan daging merah lainnya.

  1. Kulit sehat

Mengonsumsi salmon sebagai bagian dari diet rutin  juga memberi manfaat bagi kulit yang sehat. Menurut dokter Dutta, asam lemak esensial yang ada dalam salmon mendorong kulit untuk menahan air, membuatnya halus, lentur, dan awet muda.

loading...
loading...