Luar Biasa! Ini Manfaat Buah Jamblang yang Perlu Anda Tahu

Pertanianku — Apakah Anda tahu buah jamblang? Buah yang sering disebut buah duwet ini penampakannya hampir sama seperti anggur. Bedanya, buah ini memiliki bentuk agak lonjong dengan rasanya yang manis dan sedikit asam. Namun tahukah Anda? Buah ini ternyata bisa digunakan untuk pengobatan. Nah, kira-kira apa saja manfaat buah jamblang untuk kesehatan?

manfaat buah jamblang
Foto: Google Image
  1. Mengurangi batuk dan gejala asma

Buah jamblang bisa mengurangi gejala asma atau batuk yang tak kunjung berhenti. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu makan buah jamblang segar yang sudah dicuci dan dibuang bijinya. Anda juga bisa menggunakan buah jamblang kering yang sudah ditambahkan air dan direbus sampai matang, lalu diminum air beserta buahnya.

  1. Mengurangi gejala diare pada anak

Buah jamblang dapat digunakan sebagai obat untuk mengurangi gejala diare pada anak. Caranya, cukup siapkan buah jamblang segar dan beras yang sudah disangrai sampai berwarna kuning, tambahkan air, lalu direbus hingga matang. Jika sudah matang dan dingin, Anda tinggal meminumkannya kepada anak untuk mengurangi gejala diare.

  1. Mengatasi nyeri lambung

Ketika nyeri lambung datang, Anda mungkin merasa tidak sanggup untuk melakukan kegiatan apa pun. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan buah jamblang yang sudah kering tanpa biji. Jika sudah harum, tambahkan air, kemudian rebus sampai matang. Tunggu hingga dingin, lalu makanlah sampai habis.

  1. Mengobati sariawan

Sariawan akan sangat mengganggu, terutama ketika Anda hendak makan. Anda jadi tidak bisa menikmati makanan enak. Untuk menyembuhkan sariawan, Anda membutuhkan kulit kayu atau daun jamblang. Nah, kulit kayu atau daun jamblang tersebut direbus sampai layu, lalu tunggu hingga dingin.

Air rebusan tersebut jangan diminum, tetapi Anda hanya perlu menggunakan air rebusan daun/kulit kayu jamblang untuk kumur-kumur. Lakukan 3—4 kali sehari supaya sariawan bisa lebih cepat hilang.

Baca Juga:  Kementan Berencana Bangun Sentra Produksi Cabai dan Bawang Merah
Loading...