Luar Biasa! Khasiat Melinjo untuk Kesehatan


Pertanianku — Melinjo termasuk dalam spesies Gnemon yang memiliki kandungan anti-oksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, masih ada banyak khasiat melinjo yang bisa Anda dapatkan.

khasiat melinjo
Foto: Google Image

Menurut healthbenefitstimes, dalam 100 gram buah melinjo terkandung 92 kalori, 72,6 gram air, 5,2 gram protein, 2,1 gram lemak, 13,3 gram karbohidrat, dan 5,2 gram serat. Selain itu, melinjo juga menyediakan 1478% mangan, 211,11% tembaga, 195% zat besi, 107,27% seng, 13,28% kalium, 12,38% magnesium, dan 11,71% fosfor. Nah, berikut ini beberapa khasiat melinjo untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Melinjo mengandung anti-oksidan, dimana manfaat anti-oksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan anti-oksidan yang terdapat dalam melinjo dapat bekerja seperti vitamin C yang juga bisa Anda temukan dalam buah-buahan segar.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Dengan mengonsumsi buah melinjo secara teratur, dapat mengurangi risiko penyakit tersebut. Melinjo mengandung anti-oksidan dan flavonoid yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung.

  1. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini dapat disebabkan oleh serangan radikal bebas yang membuat kulit terlihat lebih tua. Penuaan dini pada kulit ditandai dengan semakin banyaknya keriput yang timbul, bintik hitam, dan kulit yang tidak elastis. Dengan mengonsumsi buah melinjo secara teratur, dapat membantu Anda mencegah penuaan dini karena kandungan anti-oksidan alami yang ada di dalamnya.

  1. Kesehatan ginjal

Fosfor bisa bantu menjaga kesehatan ginjal dengan membantu pelepasan racun melalui ekskresi dan buang air kecil. Dengan meningkatnya frekuensi dan kuantitas buang air kecil, maka tubuh dapat mempertahankan kadar air, mengontrol asam urat, kelebihan garam, dan lemak.

  1. Mencegah anemia
Baca Juga:  Hoax Soal Air Lemon yang Bisa Sembuhkan Sakit Maag

Anemia terjadi karena tubuh mengalami kekurangan zat besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak akan memproduksi hemoglobin yang cukup untuk sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah melinjo, Anda dapat meningkatkan sel darah merah dan mengatasi anemia.