Luar Biasa! Komodo Mampu Melahap Satu Ekor Kambing Sekaligus


PertaniankuKomodo termasuk hewan karnivora yang memangsa burung, rusa, babi hutan, kambing, kerbau, hingga bangkai. Namun tahukah Anda, komodo mampu melahap satu ekor kambing sekaligus tanpa harus mencabiknya terlebih dahulu.

Komodo
Foto: Pixabay

Mangsa yang berukuran kecil seperti burung atau ayam memang akan ia ditelan bulat-bulat. Tetapi, jika ukuran mangsanya sebesar kerbau, komodo akan mencabiknya dan menelan sesuai kemampuannya. Nah, komodo bisa melahap satu ekor kambing sekaligus dan memerlukan waktu 15―20 menit.

Untuk mempercepat proses penelanan itu, beberapa komodo biasanya menekan kambing yang ada di mulut mereka ke sebuah pohon. Proses penelanan itu juga dibantu oleh air liurnya yang cukup banyak.

Selama proses penelanan berlangsung, komodo akan bernapas dengan saluran kecil yang ada di bawah lidahnya. Saluran itu terhubung dengan paru-paru. Jadi, komodo tetap bisa bernapas ketika menelan mangsanya.

Cara komodo minum juga unik, mereka harus mengambil air dengan mulutnya. Setelah itu, mereka harus menengadahkan kepala agar air yang mereka minum bisa masuk ke tubuhnya.

Dalam sekali makan, komodo bisa mengonsumsi makanan sebanyak 80 persen dari berat tubuhnya. Setelah itu, komodo akan berjemur untuk mempercepat proses pencernaan. Jika tidak, makanan yang ada di dalam perutnya bisa membusuk dan meracuni tubuhnya sendiri.

Pencernaan komodo sangat lambat. Saking lambatnya, proses pencernaan mereka bisa berlangsung dalam waktu satu bulan. Setelah pencernaan selesai, komodo akan memuntahkan gastric pellet (sisa-sisa tubuh mangsanya seperti tanduk, bulu, gigi, hingga tulang).

Komodo termasuk kanibal. Komodo dewasa bisa dengan mudah memangsa komodo yang masih kecil. Bahkan, komodo dewasa yang kalah dalam pertarungan juga bisa menjadi makanan bagi komodo yang lain. Selain kanibal, hewan ini juga bisa menyerang manusia. Oleh karena itu, kita dilarang berdiri terlalu dekat dengan komodo.

Baca Juga:  Kisah Matinya Bebek Sebatang Kara di Samudra Pasifik Selatan