Macam-macam Bahan Herbal yang Berkhasiat untuk Ayam Kampung

    Pertanianku — Berbagai jenis rempah sudah terkenal berkhasiat untuk manusia menjaga kesehatan serta mengobati beberapa penyakit. Tidak hanya untuk manusia, bahan herbal juga sangat berguna untuk hewan. Seperti penggunaan bahan herbal untuk ayam kampung yang sudah dilakukan sejak dahulu.

    bahan herbal untuk ayam
    foto: pertanianku

    Namun, semakin besarnya industri peternakan ayam kampung membuat semakin besar pula kebutuhan obat dan vaksin yang mudah dijangkau oleh para peternak. Selain dibuat sendiri, kini herbal untuk ayam kampung dibuat oleh beberapa produsen yang menghasilkan bahan herbal khusus untuk hewan ternak secara besar dan dipasarkan langsung di toko ternak.

    Rempah-rempah seperti jahe, kencur, temulawak, kunyit, dan lengkuas hingga mengkudu, temuireng, bawang putih, meniran, daun sirih, dan sambiloto sudah terbukti secara ilmiah sangat bermanfaat untuk diberikan ke ayam ternak untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam.

    Loading...

    Bawang putih

    Bawang putih memiliki nama latin Allium sativum Linn merupakan tanaman yang dimanfaatkan umbi akarnya untuk diolah menjadi bahan herbal. Bawang putih mampu mengobati aflatoksikosis pada ayam kampung.

    Jahe

    Tanaman rimpang ini bisa mengobati serta mencegah beberapa penyakit, seperti CRD, koksidiosis, dan kekebalan tubuh.

    Kunyit

    Tanaman rimpang lainnya ini mampu berfungsi sebagai antibakteri, menambah nafsu makan, dan menjaga pencernaan.

    Lempuyang

    Tanaman rimpang yang berfungsi untuk menambah nafsu makan, memperbaiki sel-sel yang rusak akibat virus, diare, dan batuk.

    Lengkuas

    Tanaman rimpang yang berfungsi untuk menambah stamina dan penambah nafsu makan.

    Lidah buaya

    Tanaman yang sering dibudidayakan menjadi obat herbal kecantikan juga dapat berfungsi untuk mengefisiensikan pakan dan menekan mortalitas ayam kampung.

    Mengkudu

    Daun dan buah mengkudu berguna untuk meningkatkan efesiensi pakan, menambah warna kuning pada telur ayam yang dihasilkan, dan menambah stamina ayam.

    Baca Juga:  Penyediaan Data Pertanian Berkualitas Mampu Dukung Keamanan Pangan

    Pepaya

    Daun pepaya berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh ayam agar tidak mudah terserang penyakit.

    Sambiloto

    Daun, batang, dan bunga sambiloto berfungsi untuk menyembuhkan snort/flu, menekan aflatoksin, meningkatkan stamina ayam dan mengobati koksidiosis.

    Temuireng

    Tanaman rimpang yang berfungsi untuk mencegah cacingan pada ayam kampung.

     

     

     

     

     

    Loading...
    Loading...