Macam-macam Nutrisi Esensial untuk Tubuh yang Terkandung dalam Buah

Pertanianku — Buah-buahan memiliki nutrisi esensial yang bermanfaat untuk tubuh. Tidak ada buah-buahan yang tidak bermanfaat. Jika dikonsumsi dengan tepat dan tidak berlebihan, seluruh kandungan nutrisi esensial tersebut akan sangat berguna. Berikut ini macam-macam nutrisi esensial untuk tubuh yang terkandung dalam buah.

nutrisi esensial
foto: pixabay

Karbohidrat

Karbohidrat bukan saja terkandung dalam bahan pangan seperti beras, gandung, dan jagung, melainkan ada pada buah. Karbohidrat yang terkandung dalam buah ada karbohidrat sederhana ataupun kompleks. Karbohidrat kompleks yang biasanya terkandung dalam buah adalah polisakarida dan serat, sedangkan karbohidrat sederhana adalah glukosa dan fruktosa.

Lemak

Buah juga mengandung nutrisi lemak yang mampu diolah menjadi sumber energi untuk tubuh, seperti buah durian. Lemak berfungsi sebagai penghantar zat-zat nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Dalam sayur dan buahan, kandungan lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh dan baik untuk tubuh. Sementara, lemak jenuh yang biasa terkandung dalam daging kurang baik untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Air

Banyak sekali buah yang memiliki kandungan air. Tak jarang kandungan air dalam buah tersebut sangat banyak. Air berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang karena aktivitas. Air juga terkandung di dalam sayur. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, Anda sudah mendapatkan air dan serat yang sangat berguna untuk pencernaan.

Protein

Protein berfungsi membentuk sel dan jaringan yang dibutuhkan tubuh dalam proses pertumbuhan dan berfungsi untuk memelihara serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Protein yang didapatkan dari sayur dan buah adalah sumber protein nabati, sedangkan protein yang Anda dapatkan dari hewan disebut dengan protein hewani.

Vitamin

Tubuh membutuhkan asupan vitamin meskipun tidak dalam jumlah yang banyak. Vitamin berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa mendapatkan vitamin secara alami dengan mengonsumsi buah dan sayur. Vitamin yang biasa terkandung dalam buah ialah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Selain itu, peran vitamin tidak dapat digantikan oleh zat lain sehingga vitamin memiliki fungsi khusus.

Baca Juga:  Keunggulan Lengkeng Matalada Dibandingkan Lengkeng Dataran Rendah Lainnya

Mineral

Mineral berfungsi untuk memicu proses metabolisme dalam tubuh dan memelihara sel-sel, jaringan, serta beberapa organ-organ tubuh.

 


loading...