Macam-Macam Sapi Impor


Pertanianku – Selain sapi-sapi lokal, sapi untuk bakalan dalam usaha penggemukan dapat pula dipilih dari sapi jenis impor. Banyak jenis sapi di luar negeri yang khusus dipelihara sebagai penghasil daging dan dapat dijadikan sebagai bakalan untuk penggemukan.

Sapi Di Luar Negeri

Beberapa jenis sapi impor yang bisa dijadikan bakalan antara lain sebagai berikut.

  • Sapi hereford

Sapi hereford berasal dari Inggris dan mulai dikembangkan sebagai penghasil daging di Amerika Serikat sejak tahun 1840. Selain tersebar luas di Amerika Serikat, sapi jenis ini juga terdapat di Amerika Latin, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan. Sapi hereford mudah dikenali karena fisiknya yang cukup mencolok. Warna tubuhnya merah dan mukanya berwarna putih. Warna putih juga terdapat pada dada, sisi badan, perut bawah, serta keempat kaki daribatas lutut, bahu, dan ekor. Postur tubuhnya rendah, tetapi tegap. Urat dagingnya padat. Bobot badan jantan dewasa bisa mencapai 850 kg, sedangkan betina dewasa sekitar 650 kg. Kualitas dagingnya cukup baik dan daya adaptasinya terhadap lingkungan juga baik. Sapi ini lebih sesuai untuk penggemukan dengan sistem pastur atau padang penggembalaan karena cara merumputnya baik.

  • Sapi shorthorn

Sapi shorthorn berasal dari Inggris dan mulai dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 1783 di daerah Virginia. Bentuk tubuhnya besar, persegi, dan kompak. Warna bulu bervariasi dari merah ke putih dan kombinasi dari warna merah dan putih atau kelabu. Sapi shorthorn sangat disukai para petemak di Amerika Serikat untuk disilangkan dengan jenis sapi lainnya atau sebagai bakalan untuk usaha penggemukan. Sapi jantan dewasa dapat mencapai bobot 1.000 kg, sedangkan betina dewasa bisa mencapai 770 kg.

  • Sapi aberdeen angus
Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!

Sapi aberdeen angus merupakan salah satu jenis sapi penghasil dagingterkenal di Amerika Serikat. Sapi aberdeen angus berasal dari daerah  yang beriklim dingin dan lembap di sebelah utara Skotlandia. Sapi jenis ini mulai dimasukkan ke Amerika Serikat pada tahun 1873. Bentuk tubuhnya rata lebar, kompak, dan mempunyai urat daging yang baik. Warna tubuhnya hitam penuh, tetapi kadang kadang terdapat warna putih pada bagian bawah di belakang pusat.

  • Sapi charolais

Sapi charolais adalah sapi dari Perancis dan merupakan salah satu jenis sapi daging yang terkenal di negara mode tersebut. Sapi ini didatangkan ke Amerika Serikat, terutama di daerah-daerah Texas, Lousiana, dan Florida. Sapi ini digunakan untuk disilangkan dengan jenis sapi lainnya terutama dengan brahman. Warna tubuhnya krem muda atau keputih-putihan. Postur tubuhnya besar dan padat, tetapi kasar. Sapi jantan dewasa bobotnya dapat mencapai 1.000 kg, sedangkan betina dewasa sekitar 750 kg.

  • Sapi brahman

Dari namanya, sapi brahman berasal dari India dan termasuk dalam golongan sapi zebu. Sapi ini mulai dibawa ke Amerika Serikat pada tahun 1854 dan dikembangkan di daerah Louisiana. Kemudian, sapi ini juga berkembang pada daerah-daerah tertentu di Amerika Serikat dan menyebar ke daerah-daerah tropis maupun subtropis termasuk Australia. Sapi brahman ditandai dengan punuk yang besar pada jantan, tetapi kecil pada betina. Ukuran tubuhnya besar, panjang dengan kedalaman tubuh yang sedang. Warna tubuh sapi ini umumnya gelap keabu-abuan. Namun, ada pula yang kemerah-merahan atau hitam. Warna pada jantan lebih gelap daripada betina. Gelambir lebar dan tumbuh di bawah perut.

Sapi brahman memiliki kemampuan untuk berkembang dengan baik pada pakan berkualitas rendah. Selain itu, sapi ini memiliki ketahanan terhadap panas dan gigitan caplak (kutu). Dalam keadaan biasa, sapi brahman jantan berbobot sekitar 800 kg dan betina dewasa sekitar 550 kg. Di Amerika Serikat maupun di Australia, sapi brahman disilangkan dengan jenis sapi lainnya dan menghasilkan sapi brahman cross.

Baca Juga:  Guna Menekan Harga, Tata Niaga Daging Sapi Perlu Diubah

Beberapa peternak di Pulau Jawa sudah menggunakan sapi brahman cross sebagai bakalan untuk usaha penggemukan yang diimpor dari Australia. Penggemukan yang telah dilakukan di daerah Wonogiri (Jawa Tengah) mendapatkan pertambahan bobot badan sekitar 0,83—1,5 kg/hari dengan bobot badan awal antara 240—300 kg per ekor.

 

Sumber: Buku Bisnis Penggemukan Sapi

 

loading...
loading...