Macam Sayuran yang Populer Ditanam di Pekarangan

Pertanianku — Beragam jenis sayuran sangat mudah untuk ditanam di pekarangan. Mulai dari sayuran buah, sayuran daun, sayuran umbi, hingga sayuran bunga bisa tumbuh dan dimanfaatkan. Dari beragam jenis sayuran tersebut, inilah jenis sayuran pekarangan yang paling populer.

Cabai

jenis sayuran pekarangan
Foto: pixabay

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Capsisum sp. ini merupakan komoditas sayuran yang sangat populer dalam masakan Indoensia. Cabai digunakan sebagai pemberi sensasi rasa pedas.  Cabai pun bisa dengan mudah ditanam, baik di tanah maupun dalam pot.


Loading...

Bertanam cabai di pekarangan bisa membantu Anda memperoleh cabai tanpa harus membeli. Harga cabai yang fluktuatif juga menguntungkan jika Anda bertanam sendiri, terutama ketika harga cabai melambung.

Tomat

jenis sayuran pekarangan
Foto: pixabay

Sama seperti cabai, tomat merupakan salah satu bumbu utama yang ada dalam banyak masakan Indonesia. Tomat diperlukan dalam jumlah sedikit tetapi hampir setiap hari. Tanaman tomat juga rajin berbuah. Oleh karena itu, bertanam tomat, baik tomat merah maupun tomat hijau di pekarangan merupakan keputusan yang tepat untuk Anda coba.

Terung

jenis sayuran pekarangan
Foto: pixabay

Baik terung ungu maupun terung mini, keduanya bisa ditanam di pekarangan. Terung punya rasa yang khas dan bisa diolah menjadi beragam jenis masakan. Bertanam terung di pekarangan selain bisa dimanfaatkan buahnya, juga bisa dijadikan tanaman hias jika Anda menanamnya dalam pot.

Mentimun

jenis sayuran pekarangan
Foto: pixabay

Sayuran buah yang punya rasa segar ini juga cocok ditanam di pekarangan. Mentimun bisa beradaptasi dengan baik di dataran rendah. Perawatan mentimun yang tidak sulit membuat tanaman yang satu ini cocok ditanam di mana saja.

Bayam

Foto: dok. Pertanianku

Bayam merupakan sayuran yang cukup sering dikonsumsi. Oleh karena itu, menanam bayam di pekarangan bisa menjadi salah satu solusi kebutuhan sayuran daun harian keluarga Anda. Bayam bisa ditanam oleh pemula karena perawatannya yang mudah.

Baca Juga:  Tips Pemilihan Benih dan Penyemaian Selada Keriting

Caisim

jenis sayuran pekarangan
Foto: pixabay

Caisim membutuhkan tanah yang subur, gembur, dan kaya bahan organik. Tanaman ini mudah dibudidayakan di mana saja dan tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Bawang daun

jenis sayuran pekarangan
Foto: pixabay

Selain bawang putih dan bawang merah, kebutuhan bawang daun juga cukup tinggi. Bawang daun dimanfaatkan sebagai penyedap masakan. Tanaman ini pun bisa diperbanyak melalui biji ataupun anakan tunas.

Loading...
Loading...