Machineel Tree, Pohon Paling Mematikan di Dunia


Pertanianku — Ada satu jenis pohon yang bisa meracuni Anda sekalipun tidak menyentuh atau memakan buahnya. Pohon ini disebut juga machinee tree. Pohon yang memiliki nama Latin Hippomane mancinella ini bisa ditemukan di sepanjang Pantai Florida dan di Kepulauan Karibia.

machinee tree
Foto: Shutterstock

Berdiri di dekatnya saja sudah sangat membahayakan kesehatan karena asap sejauh 30 meter dari pembakaran pohon ini bisa menyebabkan batuk-batuk, infeksi saluran pernapasan, bahkan bronkitis. Bukan hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, asapnya pun bisa melunturkan warna cat mobil jika mobil diparkirkan di dekat pohon machineel.

Setiap bagian dari pohon machineel sangat beracun

Walaupun dari penampakan luarnya pohon machineel terlihat seperti pohon-pohon pada umumnya, bahkan sering dikira sebagai pohon mangga, setiap detail bagian yang menyusun pohon ini sangat beracun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Florida Institute of Food and Agricultural Science, baik buah, daun, batang, ranting maupun getah pohon ini mengandung racun hippomanin A dan B, serta beberapa jenis racun lain yang belum teridentifikasi.

Buah dari pohon machineel bisa menyebabkan kematian

Buah dari pohon machineel ini sangat berbahaya. Pasalnya, dari luar buah ini terlihat seperti buah apel dan saat digigit pun terasa begitu manis. Namun, sesaat setelah menelannya, rasa pahit seperti tertinggal di lidah dan tenggorokan pun terasa terbakar.

Efek yang ditimbulkan selanjutnya adalah tenggorokan pun membengkak akibat adanya infeksi dan timbul gangguan pencernaan seperti mual-mual hingga pendarahan. Jika gangguan ini berlangsung secara terus-menerus, bisa menyebabkan kematian.

Asap dan aroma yang dikeluarkan machineel bisa mengakibatkan kebutaan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, tanpa melakukan kontak langsung saja Anda bisa terkena racun dari pohon machineel. Saat air hujan mengenai pohon ini dan sisa-sisa air yang tertiup oleh angin akan membawa racun pohon machineel yang bisa menyebabkan gatal-gatal dan infeksi pada kulit.

Selain gangguan pernapasan, asap dan aroma dari pembakaran pohon machineel juga bisa mengakibatkan gangguan membran mata. Lebih parah lagi, bisa menyebabkan kebutaan sementara.