Magot, Pakan Alami Ikan Lele

Pertanianku — Magot merupakan belatung atau larva lalat Hermetia illucens yang sering digunakan sebagai pakan hewan. Magot termasuk pakan alami ikan lele yang diberikan dalam keadaan segar untuk mencegah kerusakan vitamin dan enzim yang terkandung di dalamnya.

magot
foto: kkp.go.id

Protein yang terkandung di dalam pakan alami ini mencapai 40 persen. Kadar protein tersebut lebih tinggi daripada pelet yang hanya sekitar 20—30 persen. Tingginya kadar protein pada magot menjadikan hewan ini sebagai salah satu alternatif sumber pakan alami.

Pada Desember 2006 telah dilakukan penelitian oleh tim BBPBAT Sukabumi, penelitian dilakukan pada ikan lele Clarians gariepinus yang diberikan pakan magot. Dari penelitian tersebut menunjukkan adanya penurunan nilai FCR (rasio konversi pakan) secara signifikan. Penurunan FCR tersebut karena magot sebanyak 50 persen dicampur ke dalam pakan pelet. Nilai FCR yang semula 1,42 turun menjadi 1,16.

Penurunan nilai FCR tersebut akan membuat pembudidaya menghemat kebutuhan pakan sehingga biaya operasional untuk pakan lebih rendah.

Magot bisa diternakkan sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk beternak antara lain 1 kg ubi jalar apkir, 10 kg dedak, 3 kg jagung giling, 10 kg kepala ikan laut atau udang, 1 kg tomat, 1 kg mentimun, ¼ kg gula merah yang dicairkan dengan 500 ml air, 250 ml starter probiotik, 20 gram jahe, temulawak, lengkuas, 5 siung bawang putih, dan 1 sendok teh merica bubuk.

Ubi jalar yang akan digunakan harus dikukus terlebih dahulu pada sore hari, lalu dinginkan di pagi hari selama 8 jam, kemudian giling hingga halus. Selanjutnya, giling juga kepala ikan atau udang. Campurkan ubi jalar, dedak, jagung giling, dan kepala ikan hingga merata.

Haluskan tomat dan mentimun dengan blender. Masukkan hasil gilingan tomat dan mentimun ke baskom, lalu tambahkan starter probiotik dan gula merah. Tambahkan juga jahe, temulawak, lengkuas, bawang putih, dan merica. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.

Baca Juga:  Tiga Program Terobosan KKP untuk Tingkatkan Sektor Kelautan Perikanan

Siramkan campuran tomat dan starter probiotik ke dalam campuran dedak, lalu aduk hingga merata. Simpan campuran bahan di dalam wadah tertutup di suhu ruang. Diamkan hingga magot berkembang biak menjadi dewasa.

 


loading...