Mahasiswa ini Ubah Tumbuhan Jadi Pakan Ikan Sidat


Pertanianku – Beberapa Tim dan Mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, membuat inovasi dengan mengubah tumbuhan menjadi pakan ikan sidat. Pakan tersebut berbentuk pasta yang diberi nama bicolor atau Eel Feed.

“Pakan ini khusus untuk angullia bicolor dan merupakan hasil riset antara universitas dengan tim ahli Jepang,” kata Dosen Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS Solo, Agung Budiharjo.

Agung mengatakan, tumbuh-tumbuhan yang dimanfaatkan untuk bahan pembuatan pakan ikan sidat ini antara lain pepaya, kedelai, waluh, tepung ikan, tepung udang, dan ditambah dengan tepung maizena.

Cara pembuatannya, bahan-bahan dari tumbuhan itu dilembutkan kemudian dicampur dengan air secukupnya. Setelah bahan berubah seperti pasta, selanjutnya dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari. Adapun pembuatan pakan ikan sidat ini dilakukan di Gedung Inovatif Center UNS di Purwosari.

“Kalau pas udaranya panas, pengeringan ini cukup sampai empat hari, tetapi kalau nggak dibantu dengan menggunakan oven,” tambahnya.

Agung mengutarakan bahwa ada dua jenis pakan khusus ikan sidat yang dibuat, yakni pakan khusus untuk anakan atau glass ell dan untuk pembesaran. Satu sak Eel Feed berisi 20 kg. Dijual dengan harga Rp26.000 per sak khusus glass ell dan harga Rp22.000 per sak untuk pembesaran.

Baca Juga:  Panen Nila 500 Gram per Ekor
loading...
loading...