Mahasiswa UGM Membuat Es Krim Berbahan Sayuran


    Pertanianku – Siapa yang tidak suka kelezatan es krim? Bercitarasa manis, dengan sensasinya yang dingin, ditambah dengan tekstur yang lembut menjadikannya disukai banyak orang. Bagi pecinta es krim, Anda wajib mencoba kelezatan es krim yang dibuat oleh sejumlah mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM). Es krim ini wajib dicoba karena menghadirkan sensasi rasa yang berbeda dari es krim lainnya.

    Mahasiswa UGM Membuat Es Krim Berbahan Sayuran
    trinunnews

    Es krim sehat ini diberi nama veggie wagen. Bahan pembuatan es krim ini sangat berbeda dengan es krim pada umumnya. Es krim hasil karya mahasiswa UGM ini dibuat dari bahan nabati berupa sayuran yang sangat bergizi.

    Anggita Rimadani, seorang mahasiswi pengembang veggie wagen, mengungkapkan pemilihan sayuran bahan dalam pembuatan baku es krim berawal dari keprihatinan mereka terhadap rendahnya minat anak muda untuk mengonsumsi sayur. Oleh karena itu, Anggita bersama dengan keenam rekannya dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis  mencoba untuk mengemas sayuran dalam bentuk yang menarik, yaitu es krim.

    “Berawal dari kebiasaan mahasiswa yang kurang memperhatikan makanan sehat dan kurang asupan sayur, membuat para mahasiswa berinovasi mengolah sayur menjadi es krim yang disukai banyak kalangan. Saat ini baru tiga varian rasa yang dibuat seperti wortel, sawi, dan bayam merah,” jelas Anggita.

    Pembuatan es krim ini terbilang mudah, layaknya es krim pada umumnya. Sayuran direbus kemudian diambil sarinya. Sari dari sayuran tersebut diolah bersama dengan bahan-bahan es krim lainnya. Dalam satu kali produksi biasanya dihasilkan empat liter es krim menggunakan dua kilogram sayuran.

    Untuk saat ini es krim ini baru dipasarkan dalam acara ekspo-ekspo kewirausahaan dan kuliner yang biasanya diselenggarakan di UGM. Satu cup es krim veggie wagen dijual dengan harga Rp10.000,00. Sementara untuk rasa campuran dibanderol seharga Rp12.000,00. Disajikan dengan beraneka topping, akan menambah citarasa dari es krim. Berbagai topping yang tersedia antara lain chochocip, bubble, oreo, almond, marsmallow, dan cornflake.

    Baca Juga:  Seperti Ini Cara Merawat Sukulen yang Tepat
    loading...
    loading...