Makan Jamur Bisa Hindarkan Anda dari Penyakit


Pertanianku — Jamur merupakan bahan makanan yang mudah dijumpai dan diolah. Terdapat banyak makanan olahan dari jamur yang menggugah selera. Selain enak, makan jamur juga ternyata berguna untuk menghindari penyakit tertentu.

makan jamur
Foto: Dok. Pertanianku

Nah, apa saja kandungan yang ada pada jamur?

Jamur memiliki kandungan anti-oksidan dengan level tinggi, ergotionin, gluthation yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit yang menjangkit di hari tua seperti kanker, jantung koroner, dan alzheimer.

Selain itu, jamur juga memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin D, Selenium, dan serat pangan. Jamur juga bahan makanan yang rendah kalori, kolesterol, dan bahkan tidak mengandung lemak sama sekali.

Jamur juga baik digunakan untuk diet. Artis papan atas seperti Katty Pery, Kelly Osbourne, dan Roxane Pallet pernah melakukan diet dengan jamur dan hasilnya sangat maksimal. Diet dengan jamur juga lebih difavoritkan daripada diet dengan metode lain.

Diet dengan jamur sangat simpel karena hanya dengan mengonsumsi jamur, waktu dan porsinya pun telah ditentukan secara rutin seperti mengganti snack/cemilan makan siang dan makan malam dengan jamur. Metode M-Plan Diet terbukti dapat menurunkan berat badan dengan waktu singkat dan hasil yang memuaskan seperti yang dilakukan artis-artis tersebut.

Dilansir dari dailymail.co.uk, Jeanette Jackson berkata bahwa serat pada jamur mampu mengenyangkan serta membuat suasana hati menjadi bahagia serta bisa menahan rasa ingin makan cemilan lain.

Proses memasak jamur juga harus diperhatikan agar ketika jamur dikonsumsi tidak kehilangan nutrisi yang dikandung oleh jamur tersebut. Nutrisi jamur akan terjaga atau meningkat apabila jamur dimasak dengan dipanggang atau dengan microwave dengan suhu yang tidak terlalu panas.

Menggoreng atau merebus jamur akan membuat kandungan anti-oksidan jamur berkurang. Dan, jika digoreng dengan minyak, akan terkandung lemak dalam jamur.

Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Kangkung Hidroponik di Baskom