Makan Rumput Laut Sama Dengan Membakar Kalori Saat Berolahraga


    Pertanianku – Pernahkah Anda mengonsumsi rumput laut? Kebiasaan banyak orang saat sarapan adalah dengan makan roti isi selai ataupun keju. Cobalah sesekali mencoba sarapan dengan roti isi rumput laut. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa sarapan pagi dengan sepotong roti isi rumput laut ternyata dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori yang sama banyaknya dengan jika Anda berlari selama 1,5 jam.

    Makan Rumput Laut Sama Dengan Membakar Kalori Saat Berolahraga

    Rumput laut dikenal karena kaya akan mineral dan merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung nutrisi. Sebuah penelitian dilakukan dengan menggunakan rumput laut secara utuh. Penelitian ini melibatkan lebih dari 79 pria sehat yang mengalami kegemukan. Pria-pria tersebut diminta untuk mengonsumsi roti dengan isi rumput laut. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi rumput laut, perut akan terasa cepat kenyang sehingga asupan kalorinya berkurang sebanyak 179 kalori per hari.

    Rumput laut rendah akan lemak, tetapi dikemas dengan serat larut yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh sehingga dapat menjaga kinerja perut agar tetap aktif. Serat tersebut bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga akan sangat baik dikonsumsi. Rumput laut memiliki rasa yang asin sehingga dapat digunakan sebagai pengganti garam. Rasa asin tersebut berasal dari mineral rumput laut. Rumput laut mengandung mineral yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan tanaman yang hidup di darat.

    Selain itu, rumput laut memiliki jenis karbohidrat yang sukar dicerna sehingga akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan. Rumput laut mampu menyerap lemak dan mengandung asam amino yang menjadi protein yang sangat dibutuhkan tubuh.

    Di Indonesia tidak susah untuk menemukan rumput laut. Akan tetapi, banyak orang yang tidak memanfaatkan rumput laut karena memiliki bau yang amis. Padahal, bau amis itu bisa dihilangkan dengan mudah. Rendam rumput laut, kemudian cuci hingga warnanya berubah menjadi agak keputihan. Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis tersebut.

    Baca Juga:  Terapkan Gaya Hidup Sehat, Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Organik
    loading...
    loading...