Makanan Bergizi yang Berubah Menjadi Racun, Apa Saja?


    Pertanianku — Makanan tak selamanya jadi penunjang kebutuhan perut kita. Ada banyak makanan yang justru menjadi racun bagi tubuh. Bahkan, beberapa makanan bergizi yang berubah menjadi racun jika terlalu lama memasak atau mendinginkannya.

    makanan bergizi yang berubah jadi racun
    Foto: Pixabay

    Banyak orang yang beranggapan bahwa makanan sehat itu mampu menjaga kandungan nutrisinya secara utuh walaupun diolah dengan sedemikian rupa. Namun sayang, hal itu justru merupakan kesalahan yang fatal.

    Tanpa kita ketahui, justru ada beberapa makanan yang bisa berubah menjadi racun karena beberapa kebiasaan salah yang kerap kita lakukan. Berikut daftar makanan tersebut seperti dikutip dari Kompas.

    1. Nasi

    Kita semua tahu bahwa nasi merupakan makanan pokok dan mayoritas masyarakat Tanah Air mengonsumsinya. Nasi memang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi, banyak orang yang biasa mendinginkan nasi setelah memasaknya. Perlu diketahui, nasi dingin rawan akan bakteri yang bisa menyebabkan masalah pencernaan.

    1. Kentang

    Sama halnya seperti nasi, jangan pernah mendinginkan kentang yang sudah direbus atau digoreng. Kentang merupakan makanan yang mengandung zat tepung yang mudah terkontaminasi bakteri saat disimpan terlalu lama. Jadi, jangan membiarkan kentang yang telah dimasak terlalu lama hingga akhirnya menjadi dingin.

    1. Popcorn yang dimasak dengan microwave

    Apakah Anda penyuka popcorn yang dimasak dengan microwave? Jika ya, maka hentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, memasak popcorn di microwave dapat membuatnya menjadi beracun. Popcorn memiliki asam perfluorooctanoic yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Hal itu bisa membuat sistem pencernaan Anda terganggu.

    1. Roti bakar

    Roti bakar terkadang menjadi pilihan sebagai sarapan atau camilan sore. Namun tahukah Anda? Saat Anda membakar roti, ia melepaskan akrilamida yang dapat menciptakan masalah pencernaan. Bahkan, bisa membuat Anda menderita sembelit dan tubuh terlalu banyak memproduksi gas. Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa mengonsumsi roti bakar, asalkan tidak membakarnya terlalu berlebihan.

    1. Ayam
    Baca Juga:  Kafe-kafe Hentikan Sajian Alpukat di Menu, Kenapa?

    Ayam merupakan lauk favorit yang disukai banyak orang. Tak ada yang meragukan kelezatannya, entah digoreng, dipanggang, atau dimasak. Tapi, saat ayam yang telah dimasak dan dibiarkan dingin, ayam tersebut justru meracuni tubuh Anda. Hal tersebut juga akan merusak komposisi protein yang ada pada ayam. Jadi, Anda tak akan mendapatkan manfaat apa pun saat mengonsumsinya.