Makanan Berserat Bantu Tahan Lapar Lebih Lama Saat Berpuasa

Pertanianku – Salah satu kandungan gizi yang terpenuhi dengan baik adalah serat. Serat berfungsi sebagai meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan juga dapat mengontrol gula darah dalam tubuh Anda.

Terlebih lagi jika Anda sedang menjalankan ibadah puasa, Anda dituntut harus mengonsumsi banyak serat ketika berbuka dan saat sahur. Terlebih ketika sahur, mengonsumsi serat yang cukup dapat membantu Anda menahan lapar lebih lama sehingga Anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman.

Kadar kebutuhan serat setiap orang itu berbeda-beda. Misalnya, wanita membutuhkan serat kira-kira sebanyak 25 gram per harinya, sedangkan pria membutuhkan kira-kira sebanyak 38 gram per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Makanan yang dapat Anda jadikan sumber serat, di antaranya:

1Alpukat (avokad)

Alpukat atau avokad merupakan salah satu buah yang kaya serat. Dalam satu buah alpukat, mengandung 10 gram serat. Bukan hanya kaya serat, alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga baik bagi kesehatan jantung Anda.

2Kacang-kacangan

Konsumsilah kacang-kacangan sebagai camilan setelah berbuka. Dalam satu cangkir kacang-kacangan, rata-rata mengandung 15 gram serat. Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan sebagai tambahan lauk pauk atau camilan setelah berbuka puasa.

3Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang kaya akan gizi. Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral, brokoli juga mengandung serat. Dalam satu porsi brokoli, Anda bisa mendapatkan serat sebanyak lima gram.

4Apel

Hampir semua orang menyukai buah yang memiliki banyak jenis ini. Bukan hanya rasanya yang enak, apel juga mengandung serat yang baik. Serat juga terdapat dalam kulit apel. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengupas apel saat hendak mengonsumsinya. Dalam satu buah apel berukuran sedang, terdapat 4,4 gram serat.

Baca Juga:  Ternyata Air Mineral Kemasan Juga Punya Masa Kedaluwarsa!

5Kentang

Salah satu sumber karbohidrat yang juga mengandung serat adalah kentang. Sumber karbohidrat yang satu ini dapat Anda jadikan pilihan sebagai makanan utama, pengganti nasi. Dalam 100 gram kentang, Anda akan mendapatkan tiga gram serat.