Makanan Pokok Lovebird Agar Ngekek Cepat Gacor

Pertanianku Makanan pokok lovebird adalah salah satu hal yang wajib Anda perhatikan dalam pola perawatannya. Pasalnya, makanan merupakan sumber tenaga untuk kelangsungan hidup lovebird dan dapat berpengaruh terhadap kinerja burung. Dengan makanan yang tepat, tentu akan menjadikan lovebird Anda ngekek gacor.

Makanan pokok lovebird
Foto: Burung kicau lovebird di luar kandang (Pixabay)

Menjaga pola makanan burung yang satu ini sebelum lomba bukan hal yang menjadi rahasia lagi bagi para kicau mania. Ini karena makanan yang dimakan lovebird dapat berpengaruh pada birahi burung yang otomatis juga akan memengaruhi kinerja kicau burung.

Di samping itu, makanan lovebird yang tepat juga dapat menjaga kesehatan lovebird dari berbagai macam penyakit. Di alam liar, lovebird bebas memilih makanan yang ia inginkan. Namun, bagi lovebird peliharaan, harus kita sendiri yang mengaturnya. Berikut ini makanan lovebird yang bisa diberikan dan berbagai manfaatnya.

Loading...
  1. Milet

Biji milet sudah sangat umum digunakan untuk pakan burung seperti kenari, lovebird, blackthroat, dan burung pemakan biji lainnya. Biji milet ada yang berwarna putih dan merah. Untuk penggunaannya, dapat dicampur atau bisa juga hanya salah satu.

Biji milet merah biasanya digunakan untuk menjaga kestabilan birahi (menurunkan sedikit birahi), sedangkan milet putih netral. Karena biji milet ini merupakan makanan pokok bagi lovebird, pemberiannya bisa setiap hari.

  1. Biji kenari

Biji kenari juga bisa diberikan pada lovebird. Pemberiannya bisa dicampur dengan milet. Tetapi, beberapa lovebird biasanya akan rewel atau tidak doyan dalam memakan biji kenari ini (canary seed) karena butuh pembiasaan.

Biji kenari mengandung protein yang tinggi, asam amino cystine, trytophan dan phenylalanine di dalamnya sehingga baik bagi lovebird terutama lovebird untuk diternak. Biji kenari yang bagus, yaitu yang agak tua, ciri-cirinya berwarna sedikit gelap dan isinya padat. Biji kenari bisa memberikan stamina dan semangat pada lovebird.

  1. Jewawut
Baca Juga:  Manfaat Kelabang untuk Pakan Arwana

Jewawut sangat baik diberikan pada lovebird yang ingin diternak. Ini karena pada jewawut mengandung protein dan banyak zat kapur untuk pembentukan telur.

  1. Biji oat

Tidak hanya bagi manusia, biji oat sangat baik diberikan untuk lovebird dan burung paruh bengkok lainnya. Biji oat membantu ketenangan pada burung saat mabung, memperbaiki organ pencernaan, dan untuk keindahan bulu.

Loading...
Loading...