Makanan Tambahan Lovebird Paling Bagus

Pertanianku — Makanan lovebird adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan dalam pola perawatannya. Pasalnya, makanan merupakan sumber tenaga untuk kelangsungan hidup lovebird dan dapat berpengaruh terhadap kinerja burung. Selain makanan pokok, Anda juga harus tahu apa saja makanan tambahan lovebird yang paling bagus.

makanan tambahan lovebird
Foto: Pixabay
  1. Jagung manis

Jagung manis mentah memang sudah umum digunakan sebagai makanan lovebird khususnya sebagai makanan tambahan (extra food) lovebird. Jagung yang diberikan adalah jagung mentah, bukan yang direbus. Jagung mentah ini ada yang jagung putri, ada jagung muda. Manfaat jagung muda untuk lovebird ini untuk meningkatkan birahi, tetapi responsnya lambat.

  1. Kecambah atau taoge

Kecambah atau taoge juga bisa diberikan pada lovebird sebagai makanan tambahan dan diseling dengan makanan lainnya. Taoge paling baik diberikan pada lovebird yang ingin diternak.

Loading...
  1. Kangkung

Kangkung sebagai extra food lovebird sudah tidak aneh lagi, karena kangkung banyak dipakai sebagai pakan tambahan lovebird, baik itu lovebird lomba maupun lovebird ternak (baik bagi pertumbuhan cangkang telur karena tinggi kalsium). Fungsi kangkung untuk lovebird adalah untuk penenang, sumber kalsium, dan meningkatkan birahi.

  1. Kuaci

Tidak hanya hamster yang makan kuaci, tetapi lovebird dan beberapa burung paruh bengkok juga makan kuaci. Fungsi kuaci untuk lovebird, yaitu untuk meningkatkan birahi dan sumber lemak (banyak mengandung lemak). Pemberian kuaci tidak boleh terlalu banyak dan berlebihan. Jika berlebihan burung lovebird bisa jadi gemuk atau ngelemak , tidak baik bagi lovebird lomba maupun ternak. Kuaci baik diberikan pada lovebird yang sedang drop birahi dan badan kurus nyilet.

  1. Tulang sotong

Tulang sotong tidak hanya diberikan pada burung kenari, tulang sotong bisa diberikan pada lovebird sebagai sumber mineral dan kalsium. Selain itu, lovebird bisa mengasah paruhnya pada tulang sotong yang kita berikan. Pakan ini baik diberikan pada semua lovebird, terutama lovebird untuk diternak.

Baca Juga:  Trik Merawat Aquascape sebagai Hiasan Interior
Loading...
Loading...