Makin Populer, Tanaman Hias Caladium Diburu Pehobi

Pertanianku — Paduan tiga warna antara hijau tua dengan bagian dalam berwarna merah muda dan putih di sepanjang daun membuat tanaman hias caladium makin populer. Daun utama pada tanaman ini memiliki lebar sekitar 8—12 cm dengan anak daun selebar 5—7 cm.

tanaman hias caladium
Foto: Pixabay

Kini, caladium new thai series ini banyak diburu oleh para pehobi tanaman hias. Mereka berlomba-lomba mengoleksi keladi daun ganda ini karena masih langka. Bahkan, seorang penangkar caladium new thai series, Dena Sukardi hanya sanggup melayani permintaan 7—8 tanaman per bulan.

Penangkar asal Ciapus, Bogor, itu membanderol new thai series berumur tiga bulan Rp500.000 per tanaman. Keladi baru itu unik karena pada sebuah tangkai menopang dua daun sekaligus.

Ukuran daun pertama new thai series lebih lebar, kemudian daun kedua lebih kecil yang hadir di tangkai sehingga mampu menutupi kekurangan keladi. Keladi pun terlihat unik dengan kehadiran daun kecil itu.

Persentase kemunculan warna daun pada keturunannya belum bisa diprediksi, sebab warna daun new thai series akan terus berubah hingga berumur 2 tahun. Setelah itu, warna daun akan stabil.

“Langka dan sulit untuk membudidayakan keladi double leaf,” kata Dena seperti dikutip dari Majalah Trubus.

Dua tahun terakhir, caladium makin naik daun, tanaman ini mencuri hati para pehobi. Buktinya, permintaan caladium melonjak drastis. Dena melayani permintaan domestik rata-rata 10 pot caladium per bulan. Padahal, sebelum 2016 ia hanya memenuhi permintaan 2—3 tanaman per bulan.

Baca Juga:  Sirih Gading, Tanaman Hias Penyerap Racun Udara
Loading...