Mana Lebih Ampuh Lawan Kanker, Bawang Merah atau Bawang Putih?


Pertanianku – Bawang merah merupakan bumbu dapur yang digunakan sebagai penambah cita rasa pada sebuah makanan. Namun, kegunaannya tak hanya melezatkan makanan, bawang putih memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi dan dapat mencegah ririko terkena kanker!

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Food Research International menyebut bahwa ekstrak bawang berwarna merah mampu membunuh 3—4 kali lebih banyak sel kanker dibanding ekstrak bawang dengan warna lebih pucat.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengamati secara spesifik bawang yang tumbuh di Ontario. Konon, daerah tersebut menghasilkan bawang dengan kandungan flavanoid quercetin paling tinggi. Senyawa tersebut merupakan salah satu anti-oksidan pembunuh sel kanker.

Dari lima spesies bawang yang dibandingkan diambil ekstraknya, lalu diberikan kontak langsung dengan sel-sel kanker kolorektal. Hasilnya, kelimanya ampuh membunuh sel kanker. Namun, yang paling banyak membunuh sel kanker adalah varietas bawang berwarna merah, yang mereka sebut Ruby Ring.

Bawang putih dan bawang merah sama-sama mengandung anti-oksidan. Sebagaimana mengutip Health, para ilmuwan menyebut bahwa bawang berwarna merah tersebut tidak hanya mengandung lebih banyak quercetin. Jenis bawang tersebut juga kaya akan anthocyanin, yakni pigmen atau pemberi warna pada tanaman yang memperkuat efek quercetin.

Untuk kesehatan Anda, usahakan selalu mengonsumsi bawang merah setiap hari ya!

Baca Juga:  Apa sih yang akan Dirasakan Jika Rajin Konsumsi Buah dan Sayur?
loading...
loading...