Mana yang Lebih Menyehatkan, Teh atau Kopi?

Pertanianku Teh atau kopi sama-sama memiliki manfaat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan tepat. Salah satunya, yaitu cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Sementara, yang lainnya kaya akan anti-oksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Teh atau kopi
Foto: Google Image

Bagi yang menyukai kedua minuman ini mungkin akan bingung untuk memilih mana yang terbaik untuk dikonsumsi. Times Now News menyiarkan beberapa fakta berikut yang akan membantu Anda untuk menentukan minuman mana yang tepat menjadi pilihan.

1. Kafein

Menurut penelitian, teh mengandung lebih banyak kafein dibandingkan kopi. Namun, apabila sudah diseduh dengan teknik brew, kandungan kafein pada kopi menjadi jauh lebih banyak daripada teh.

Kafein sejatinya penting untuk memacu energi ketika seseorang bekerja dalam waktu yang panjang. Tetapi jika dikonsumsi berlebihan, kafein bisa merusak konsentrasi dan menyebabkan sulit tidur bahkan serangan nyeri. Bagi Anda yang ingin mengontrol asupan kafein, teh adalah pilihan yang tepat.

2. Anti-oksidan

Kabar buruk bagi pecinta kopi. Kandungan anti-oksidan yang bermanfaat besar untuk detoks sangat banyak ditemukan pada teh. Teh hijau adalah jenis yang paling sering dipilih untuk mendapatkan kandungan ini. Meskipun mengandung anti-oksidan juga, jumlahnya pada kopi jauh lebih sedikit dibandingkan yang ada di dalam teh.

3. Mengurangi gula

Dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan diabetes tipe 2. Kandungan dalam kopi juga dipercaya dapat mengontrol tingkat gula darah serta meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh. Selain itu, magnesium pada kopi juga membantu mengurangi tingkat gula.

4. Menurunkan berat badan

Bagi pecinta latihan gym, kopi hitam atau espresso mungkin minuman yang paling ideal untuk meningkatkan metabolisme dan memastikan kalori terbakar saat latihan. Namun, bagi yang hanya ingin menurunkan berat badan dengan cara diet, teh hitam adalah pilihan terbaik.

Baca Juga:  Tak hanya Indah, Manfaat Tabebuya juga Ternyata Sangat Menarik

5. Kuantitas

Kopi mengandung kafein yang sangat tinggi dan cukup membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Dalam hal ini, mengonsumsi lebih banyak teh cukup aman dibandingkan kopi.

Meski demikian, memilih mana minuman terbaik sebaiknya tetap memperhatikan kebutuhan. Bagi Anda yang sedang bekerja keras dan membutuhkan lebih banyak energi, kopi sangat dianjurkan. Sementara, untuk Anda yang ingin melengkapi waktu bersantai, teh adalah yang terbaik.

Loading...