Manajemen Budidaya Ikan yang Seharusnya Dikuasai

Pertanianku — Budidaya ikan harus dijalankan dengan perencanaan yang matang dan manajemen yang tepat. Manajemen budidaya ikan yang tepat dapat membuat Anda semakin pandai menghasilkan ikan budidaya yang berkualitas. Kegiatan manajemen tersebut meliputi seluruh aktivitas yang dilakukan selama masa pemeliharaan hingga pemasaran ikan.

manajemen budidaya ikan
foto: pertanianku

Dengan manajemen budidaya ikan yang benar, Anda bisa mengetahui kesalahan jika sewaktu-waktu terjadi, lalu bisa menghindarkan kesalahan tersebut di kemudian hari. Berikut ini beberapa manajemen budidaya ikan yang harus dikuasai oleh pembudidaya.

Kondisi ikan

Ikan harus rutin selalu dipantau kesehatannya, perkembangan yang terjadi, bobot, gerakannya, fisik, serta perilakunya di dalam kolam. Hal tersebut bertujuan mendeteksi sedini mungkin jika terjadi sesuai yang tidak diinginkan, seperti adanya penyakit atau kondisi air kolam sudah tidak layak.

Ikan yang sehat pada umumnya memiliki pergerakan yang lincah serta aktif, nafsu makan tinggi, warna kulit cerah, tidak terlihat adanya cacat pada kulit ikan, tidak ada parasit yang menempel pada kulit, dan bentuk tubuh tidak cacat. Laju pertumbuhan pun terjadi dengan baik, tidak ada yang mengalami keterlambatan tumbuh.

Wadah budidaya

Wadah budidaya juga harus diperhatikan keadaannya karena menjadi tempat hidup ikan budidaya. Wadah harus diperiksa secara berkala untuk mencegah kerusakan dan kebocoran. Selain itu, wadah juga harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman untuk ikan agar pertumbuhan ikan tidak terganggu karena merasa stres.

Beberapa ikan tidak bisa mendapatkan paparan sinar matahari yang terlalu intens. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan naungan untuk melindungi kolam dari sinar matahari.

Kebersihan wadah budidaya harus diperhatikan setiap saat karena wadah yang kotor dapat membahayakan kesehatan ikan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, pembersihan kolam harus dilakukan secara berkala.

Baca Juga:  Ciri-ciri Induk Patin yang Sudah Siap Dipijahkan

Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan akan memengaruhi pertumbuhan ikan. Pastikan suhu, kelembapan, curah hujan, serta bencana atau hama tidak mengganggu pertumbuhan ikan. Anda perlu mengetahui kriteria ikan yang dipelihara agar dapat mempertahankan kondisi lingkungan yang sesuai dengan jenis ikan.

Penyakit

Ikan rawan terkena penyakit atau hama yang dapat merusak kualitas ikan. Ketahui cara mengatasi penyakit yang sedang menimpa ikan budidaya.

Panen

Ketahui berapa lama waktu pemeliharaan masing-masing jenis ikan dan cara yang tepat untuk memanen. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pemasaran ikan, Anda bisa melakukan panen pada waktu yang tepat saat harga ikan sedang bagus dengan kualitas ikan yang baik karena panen dilakukan dengan cara yang benar.


loading...