Manajemen Kesehatan Ayam Kampung

Pertanianku – Ayam kampung juga dapat terkena penyakit. Namun, ayam kampung relatif lebih tahan dibandingkan dengan ayam ras. Hal ini karena ayam kampung biasanya belum terkena rekayasa genetika yang memacu pertumbuhan daging maupun telurnya.

Manajemen Kesehatan Ayam Kampung

Program vaksinasi pada ayam kampung terutama dilakukan untuk pencegahan penyakit ND (Newcastle Disease). Vaksinasi dilakukan pada umur 4 hari (Kill+Lasota). Kemudian setiap 4 bulan dilakukan ulangan dengan vaksin ND strain Lasota. Selain itu, vaksin Fowl Pox untuk pencegahan terhadap cacar ayam dilakukan umur 5 minggu. Kemudian vaksin AI (gumboro) untuk pencegahan penyakit Avian Influenza dilakukan pada umur 12 minggu dan 34 minggu.

Obat cacing (Worm X) diberikan ketika ayam berumur 12 minggu. Program tersebut dapat dilakukan untuk ayam kampung bibit maupun ayam kampung petelur yang dipelihara dari DOC. Untuk ayam kampung pedaging yang dipanen pada umur relatif lebih muda (8—10 minggu), cukup dilakukan vaksinasi ND Kill + Lasota umur 4 hari. Antibiotik diberikan saat ayam sakit. Pemberian vitamin/obat herbal seperti temulawak dan kunyit dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Ayam

 

Baca Juga:  Kekurangan dan Kelebihan Penggunaan Kandang Kotak untuk DOD

loading...