Manajemen Kesehatan Pullet

Pertanianku -Manajemen kesehatan bertujuan untuk memelihara kesehatan ayam yang mencakup tindakan vaksinasi, pengobatan, dan biosecurity. Peternak perlu mewaspadai umur tertentu saat ayam rawan penyakit. Ayam berumur 2—3 minggu pascalepas brooding, umur 4—5 minggu saat lepas sekam (pada kandang panggung), dan menjelang produksi sangat rawan penyakit. Pada umur tiga minggu, antibodi maternal sudah tidak melindungi lagi sehingga ayam rentan terserang penyakit seperti ND dan IBD. Solusi yang dapat dilakukan adalah menjalankan program vaksinasi.

Manajemen Kesehatan Pullet

Tingkat stres yang tinggi saat lepas sekam dan menjelang produksi menyebabkan ayam rentan terkena penyakit pernapasan seperti CRD, IB, dan korisa. Solusinya adalah melepas sekam secara bertahap serta memberikan vitamin antistres dan air gula sesuai kondisi. Antibiotik diberikan sesuai kebutuhan dan di-rolling pemberian jenis antibiotiknya.

Isolasi merupakan cara untuk menjauhkan ayam dari sumber penyakit seperti memagari area kandang sehingga binatang liar tidak bisa masuk ke dalam kandang. Pengendalian lalu-lintas dapat dilakukan dengan membatasi keluar-masuk orang dan kendaraan ke dalam lokasi kandang, termasuk memastikan para pekerja kandang tidak memelihara unggas lain, terutama di lokasi kandang. Sanitasi bertujuan membunuh bibit penyakit yang dapat dilakukan dengan menjaga dan mengelola kebersihan kandang, serta desinfeksi (kandang, orang, maupun kendaraan yang masuk ke areal peternakan).

 

Sumber: Buku Bisnis Pembesaran Pullet

 

Baca Juga:  Penyebab Kambing Keguguran, Tips dan Trik Menghindarinya

loading...