Manajemen Reproduksi Guinea Pig


Pertanianku – Guinea pig merupakan hewan sosial dengan sistem perkawinan poligami.  Dalam satu kandang, satu ekor cavy jantan dapat disatukan dengan 20 ekor betina. Jika merasa sudah kawin, jantan dapat dipisahkan dari betinanya agar tidak terjadi ledakan populasi.

Manajemen Reproduksi Guinea Pig

Cavy betina yang sedang berahi akan menunjukkan gejala alat kelamin memerah dan posisi tubuhnya menjadi merendah seakan siap untuk dinaiki cavy jantan. Gejala berahi ini biasanya tampak pada malam hari dan dapat berlangsung selama 6—11 jam. Ovulasi pada cavy betina terjadi secara spontan, yakni sekitar 10 jam setelah mulai berahi.

Jika perkawinan berhasil, sperma dari cavy jantan akan mengalami waktu transit dari vagina ke rahim cavy betina selama 15 menit. Masa kebuntingan GP cukup lama, yakni sekitar 60—68 hari. Jika sudah berpengalaman, kebuntingan dapat ditentukan dengan palpasi perut. Keberadaan bayi GP dapat dipalpasi setelah umur kebuntingan mencapai 4—5 minggu.

Pada umur dua bulan, biasanya GP sudah mulai menandakan keinginan untuk kawin. Namun, kehamilan baru akan terjadi setelah umurnya empatbulan atau lebih. Biasanya, GP dengan umur di bawah empat bulan sangat rentan terhadap keguguran. Jika anda menggabungkan GP jantan dan betina dalam 30 hari, biasanya akan terlihat tanda-tanda kehamilan seperti perut samping yang agak membesar dan putting betina yang kelihatan lebih besar dan jelas. GP betina yang bunting akan lebih agresif terhadap betina lain di luar kelompoknya. Jika mendekati dua minggu sebelum beranak, kebuntingan akan terlihat jelas, perut samping akan membesar.

Pada saat itu, jangan sering-sering mengangkatnya. Cavy yang sedang buntingmemerlukan vitamin C yang lebih banyak. Jadi, berilah sayuran yang mengandung vitamin C. Berika n pula air minum bersih karena GP yang bunting lebih cepat haus. Selain itu, porsi makannya juga harus ditingkatkan.

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang

Dalam sekali kelahiran, seekor GP dapat menghasilkan 2—5 ekor (rata-rata 3 ekor) anak. Bayi cavy yang  baru lahir merupakan versi miniature dari induknya, dengan panjang tubuh 310 mm. Bayi tersebut lahir dengan kondisi sudah berambut, mata terbuka, dan gigi sudah mulai tampak. Bobot lahir seekor bayi cavy sekitar 75—100 g dan sudah dapat mengonsumsi pakan padat. Meskipun demikian, sebaiknya bayi cavy dibiarkan menyusu pada induknya hingga bobotnya mencapai 180 g (umur 14—21 hari).

Setelah proses kelahiran, induk cavy biasa memakan plasentanya. Kanibalisme dapat terjadi, terutamajika anak yang dilahirkan mengalami cacat lahir. Cavy betina dapat mencapai pubertas pada umur 21 hari, sedangkan cavy jantan mencapai pubertas pada umur 68—70 hari.

loading...
loading...