Manajemen Ternak Ayam yang Baik untuk Melipatgandakan Keuntungan

Pertanianku — Salah satu kunci keberhasilan ternak ayam adalah manajemen ternak ayam yang benar. Manajemen dapat membantu peternak untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk menjalankan manajemen ternak ayam yang efektif. Simak ulasan berikut ini.

manajemen ternak ayam
foto : pertanianku

Lokasi kandang yang strategis

Saat menentukan lokasi, sebaiknya pilih lokasi kandang yang strategis dan sesuai dengan persyaratan budidaya jenis ayam yang dipilih, misalnya ayam ras atau ayam kampung. Syarat utama saat menentukan lokasi adalah mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat dan tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Loading...

Lokasi yang strategis dapat memperlancar kegiatan distribusi sehingga biaya produksi bisa ditekan serendah mungkin. Proses distribusi yang berjalan tidak lancar akan menyebabkan biaya produksi membengkak.

Tenaga kerja yang terampil

Dalam menjalankan usaha ternak ayam, Anda harus memiliki tenaga kerja yang terampil dan memenuhi persyaratan utama, khususnya sehat secara jasmani. Tenaga kerja yang terampil dapat membantu Anda selama masa pemeliharaan dengan baik dan benar karena pekerja tersebut sudah mengerti ilmu-ilmu ternak ayam.

Sistem kontrol selama 24 jam

Anda tidak boleh mengabaikan sistem kontrol di kandang. Sistem tersebut harus berjalan selama 24 jam per hari. Sistem kontrol berguna untuk memantau seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja apakah sudah tepat atau belum. Pekerja yang kurang benar dalam melakukan pekerjaan cenderung akan membuat biaya produksi membengkak. Misalnya, pemborosan pakan karena cara pemberiannya salah.

Adanya pencatatan yang baik

Catatan yang baik sangat berguna untuk acuan dalam membuat rencana produksi selanjutnya dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah pernah terjadi selama menjalankan usaha. Catatan yang lengkap dan sistematis juga bisa berdampak pada keuntungan didapatkan akan jauh lebih optimal.

Baca Juga:  Jenis-jenis Kambing Perah Unggul

Menjalin hubungan dengan relasi yang terkait dalam usaha peternakan

Ada beberapa hubungan relasi yang harus dijaga, yaitu penampung produksi ayam dan pemasok sarana produksi. Hubungan yang baik dapat membantu proses ternak ayam berjalan lancar.

Melibatkan warga sekitar sebagai pekerja

Salah satu cara menjaga lokasi usaha adalah dengan melibatkan warga sekitar sebagai pekerja. Selain bisa menjaga keamanan area usaha, Anda juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar dan menghemat biaya tenaga kerja karena tidak memerlukan ongkos transportasi pekerja yang mahal.

Loading...
Loading...