Manalagi, Mangga yang Bikin Orang Ketagihan

    PertaniankuMangga manalagi bukan merupakan jenis mangga yang sulit ditemukan. Jenis ini termasuk salah satu daftar buah mangga favorit yang sering diburu oleh orang-orang. Mangga manalagi seperti memiliki perpaduan rasa antara mangga golek dan arumanis. Tak heran diberikan nama manalagi, karena orang-orang yang mengonsumsinya akan merasa ketagihan dan mengucapkan: “mana lagi?”

    mangga manalagi
    foto: Pertanianku

    Tanaman mangga manalagi tidak begitu besar. Tanaman dewasanya hanya tumbuh sekitar 8 m. Mahkota tanaman berbentuk bulat dan berdiameter sekitar 12 m. Daun tanaman berukuran cukup panjang sekitar 25 cm dengan lebar sekitar 7,5 cm, berbentuk lonjong dengan bentuk runcing di bagian daun.

    Bunga pohon manalagi termasuk bunga majemuk dan berbentuk seperti kerucut dan berwarna kuning. Tangkai bunga berwarna hijau muda dengan warna sedikit kemerahan.

    Musim buah mangga manalagi terjadi pada September—November dengan musim berbunga yang jatuh pada Juli—Agustus.

    Buah mangga yang sudah tua akan berwarna hijau tua kelabu dan tertutupi lapisan lilin. Buah yang sudah masak akan mengalami perubahan di bagian pangkalnya menjadi warna kuning, tetapi bagian ujungnya masih berwarna hijau.

    Kulit buah manalagi terbilang cukup tebal dengan bagian permukaan yang berbintik-bintik kelenjar putih. Di bagian bintik tersebut dapat berubah warna menjadi cokelat setelah buah masak.

    Bobot buah mangga manalagi terbilang cukup besar. Ada yang bisa mencapai 0,5 kg per buah dengan panjang buah sekitar 16 cm. Pelok buah terbilang cukup besar, panjangnya sekitar 14 cm serta berserat pendek.

    Manalagi terkenal dengan daging buahnya yang tebal, kadar airnya tidak terlalu banyak, seratnya halus, berwarna kuning, dan lunak. Rasanya cukup manis, lezat, segar, dan mengeluarkan aroma yang harum. Perpaduan antara tekstur yang enak dimakan serta rasanya yang lezat membuat mangga ini menjadi favorit bagi sebagian orang.

    Baca Juga:  Kenal Lebih Dekat dengan Ikan Malong

    Kelezatan buah tidak hanya bisa didapatkan dari buah yang sudah masak. Buah mangga manalagi yang masih belum masak juga sudah memiliki rasa yang enak dan manis. Yang membedakan hanya teksturnya yang sedikit lebih keras.

    Ada sebagian orang yang lebih senang mengonsumsi mangga manalagi yang masih belum terlalu matang, tetapi daging buahnya sudah terlihat menguning.