Manatee, Sapi Laut yang Bisa Berkicau Seperti Burung

Pertanianku — Manatee merupakan nama lain dari sapi laut yang memiliki ukuran tubuh cukup besar. Panjang badannya bisa mencapai lebih dari 4 meter dan bobotnya mencapai 1.400 kilogram.

sapi laut
foto: pixabay

Di Indonesia, manatee lebih sering disebut sebagai sapi laut dan tergolong hewan mamalia laut yang hidup di perairan dangkal di wilayah tropis. Hewan mamalia bertubuh besar ini memakan daun dan rimpang lamun, sejenis tumbuhan yang bentuknya seperti rumput.

Sekelompok ilmuwan pernah meneliti cara berkomunikasi mamalia laut ini. Yang mengejutkan, hasil penelitian tersebut menunjukkan mamalia laut ini bisa mengeluarkan suara melengking dan bernada tinggi seperi kicauan burung. Masih menjadi misteri hingga saat ini kenapa mamalia tersebut bisa menghasilkan suara seperti burung.

Para peneliti juga menemukan penemuan yang mengejutkan, yakni tidak ada catatan suara mamalia berukuran besar ini yang sama. Jadi, banyak yang menyimpulkan suara mamalia ini berbeda-beda.

Berdasarkan sensus 2010, sapi laut yang tersisa di perairan Florida hanya mencapai 6.620 ekor. Namun, hewan ini sudah dikonservasikan sehingga pada beberapa tahun terakhir ini jumlah populasinya meningkat. Hanya saja, manatee memiliki banyak tantangan yang mengancam nyawa satwa tersebut, salah satunya adalah tertabrak kapal.

Sapi laut juga mudah stres jika suhu di dalam perairan terlalu dingin, mamalia ini tidak bisa bertahan di bawah suhu 20°C. Kondisi tersebut dapat menyebabkan sistem metabolisme manatee melambat sehingga sistem kekebalan tubuhnya menurun.

Manatee yang sulit makan sangat mudah mengalami kematian dan kehilangan berat badan. Sapi laut juga sering berhadapan dengan ganggang beracun yang tidak sengaja termakan olehnya. Selain itu, perusakan habitat menyebabkan sumber pakan mamalia ini berkurang.  Seluruh faktor tersebut menyebabkan mamalia ini di ambang kepunahan.

Baca Juga:  Paus Kepala Kotak Penghasil Muntahan Bernilai Puluhan Juta

Ada sebagian peneliti yang beranggapan bahwa mamalia ini merupakan herbivora yang soliter. Namun, ada juga yang beranggapan mereka tidak soliter. Mamalia herbivora ini memiliki repertoar vokal yang cukup kompleks.

Sapi laut ditemukan pertama kali pada 1741 oleh pelaut Rusia yang sedang melakukan eskpedisi ke Samudera Pasifik. Setelah penemuan tersebut, banyak pelaut yang datang ke daerah tersebut untuk memburu anjing laut dan sapi laut. Mereka menangkap hewan laut tersebut untuk dijadikan bahan makanan selama perjalanan.

 

 


loading...