Manfaaat Ikan Herring yang Dikonsumsi Mentah oleh Orang Belanda

PertaniankuIkan herring merupakan salah satu makanan favorit orang Belanda. Masyarakat Negeri Kincir Angin ini sering menyebutnya dengan haring. Ikan ini disantap dalam keadaan mentah, bisa dicampur dengan roti atau terkadang dimakan secara utuh.

ikan herring
foto: Pixabay

Ada cara khusus untuk memakan ikan herring yang masih utuh, yaitu ekor ikan dipegang dan digantung secara vertikal di atas mulut yang sudah menengadah.

Di Indonesia ikan ini memang tidak populer, tetapi di Belanda herring sangat terkenal. Salah satunya di Kota Scheveningen yang merupakan kota tepi laut dan terkenal sebagai penghasil herring. Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan yang dikumpulkan dari akhir Mei hingga awal Juni akan direndam dengan larutan air garam, kemudian disimpan selama satu tahun. Sebelum itu, bagian isi ikan dibuang terlebih dahulu untuk menghindari rasa pahit.

Di Amsterdam, herring disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil, kemudian ditambahkan potongan bawang bombai dan acar mentimun. Terkadang, herring digunakan sebagai isian roti isi.

Ikan herring senang hidup bergerombol di perairan laut yang memiliki gunung-gunung laut. Herring merupakan mangsa bagi ikan-ikan predator berukuran besar.

Selain enak dikonsumsi, herring juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menstabilkan daya tahan tubuh hingga mengontrol kadar kolesterol.

Mengendalikan kadar kolesterol

Herring bisa membantu Anda untuk mengendalikan kadar kolesterol yang sedang tinggi, asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Di dalam ikan ini terkandung HDL (High Density Lipoprotein) yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kesehatan ibu hamil

Herring tetap bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan ikan diolah menjadi hidangan yang matang. Hal ini karena ibu hamil dilarang mengonsumsi daging ikan mentah untuk menghindari efek negatif yang kurang bagus. Herring dapat membantu ibu hamil terhindar dari morning sickness dan mencegah pecah ketuban dini serta kelahiran bayi prematur.

Baca Juga:  Strategi KKP Mengendalikan AMR di Bidang Perikanan Budidaya

Mendukung diet

Kabarnya, herring dapat membantu seseorang yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Ikan dapat disantap sebagai isian roti lapis atau dikonsumsi secara langsung tanpa bahan penambah.

Menjaga kesehatan otak

Ikan ini mengandung DHA dan EPA, dua anggota asam lemak omega-3 yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan otak.

Kaya protein

Ikan herring dapat Anda jadikan sebagai sumber protein yang bagus untuk memperbesar otot. Otot merupakan jaringan yang terbentuk karena protein.