Manfaat 5 Sayuran yang Paling Sering Ditanam dalam Pot

Pertanianku — Bertanam sayuran dalam pot banyak dilakukan oleh rumah tangga, terutama di daerah perkotaan. Keunggulan penanaman yang tidak memerlukan lahan luas merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang melirik metode ini. Selain itu, tanaman sayur yang ditanam pun memberikan banyak khasiat dan manfaat kesehatan. Berikut ini lima jenis sayuran yang paling banyak ditanam dalam pot beserta manfaatnya.

Bawang daun

sayuran dalam pot
Foto: freepik

Bawang daun mengandung saponin, tanin, dan minyak atsiri. Kandungan tersebut mampu membantu meredakan perut kembung, batuk, flu, dan sesak napas yang disebabkan oleh flu. Selain itu, bawang daun juga mengobati gangguan diuretik, nyeri sendi, radang, dan dapat menghilangkan bengkak pada bisul. Penggunaan bawang daun juga dapat untuk menghilangkan bekas gigitan serangga.


Loading...

Cabai merah

sayuran dalam pot
Foto: freepik

Merupakan tanaman sayur yang paling sering ditanam dalam pot, cabai merah mengandung banyak zat yang baik bagi tubuh. Dalam cabai merah terdapat kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A, vitaminC, damar, karoten, dan berbagai kandungan lain.

Cabai merah dapat digunakan untuk mengatasi gejala sakit perut, sakit gigi, serta kaki dan tangan lemah. Selain itu, konsumsi cabai merah juga mampu membantu meredakan influenza dan meningkatkan nafsu makan.

Sawi hijau

sayuran dalam pot
Foto: pixabay

Kandungan sawi hijau yang bermanfaat bagi tubuh antara lain serat dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B, B2, B6, dan C. Selain itu, sawi hijau juga mengandung mineral berupa kalium, fosfor, tembaga, magnesium, dan zat besi.

Sawi hijau dinilai mampu mencegah hipertensi, kanker, dan penyakit jantung. Tanaman sayur yang banyak ditanam di pot ini juga membantu sistem pencernaan dan baik bagi ibu hamil dalam mencegah anemia.

Terung

sayuran dalam pot
Foto: freepik

Banyak jenisnya, kandungan utama dalam terung yang bermanfaat adalah kalsium, vitamin A, vitamin C, kalium, natrium, asam klorogenat, dan tripsin. Terung dapat menurunkan kolesterol, mengobati gusi bengkak, peradangan mulut, demam, dan wasir.

Baca Juga:  Cabai Pelangi Karya Anak Bangsa

Tomat

sayuran dalam pot
Foto: freepik

Tomat mengandung banyak alkaloid solanin, saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid, trigonelin, hotin, tomatin, dan berbagai kandungan lain. Tomat dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, menambah nafsu makan, serta mengobati hepatitis dan mengobati sariawan. Tomat juga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan lambung.

Loading...
Loading...