Manfaat Adas Manis untuk Menyembuhkan Flu

PertaniankuAdas manis merupakan salah satu rempah yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat batuk herbal kemasan yang biasa Anda beli di warung atau di apotik. Rasa asli dari adas manis lezat dan memiliki aroma yang khas sehingga sering digunakan untuk penyedap masakan.

Adas manis
foto: pixabay

Sudah menjadi rahasia umum jika rempah-rempah yang yang dihasilkan dari tanah Nusantara selain berguna menyedapkan rasa masakan, rempah juga mampu menjadi obat herbal yang baik bagi tubuh, seperti adas manis.

Adas manis sudah terbukti ampuh menyembuhkan pasien yang mengidap penyakit flu, baik flu ringan maupun flu berat. Sakit batuk yang tidak kunjung sembuh juga dapat disembuhkan oleh kandungan rempah-rempah ini. Sudah sejak lama rempah ini digunakan sebagai obat herbal penyembuh flu.

Manfaat lainnya dari rempah ini adalah mengurangi kembung pada perut, flu, batuk, susah tidur, antiradang, antimual, dan beberapa penyakit lainnya yang dapat disembuhkan dengan meminum ramuan dari rempah adas manis.

Anda tidak harus membeli obat herbal yang sudah diolah dan dijual dalam kemasan di warung. Anda dapat membuatnya sendiri dan lebih terjamin alami. Berikut resep ramuan herbal adas manis yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok makan adas manis
  • 5 butir cengkih
  • 2 butir pekak/buah bintang
  • 5 butir kapulaga
  • 1 jumput kayu secang
  • 3 lembar daun sirih
  • 2 jari kunyit
  • 2 jari jahe

Cara membuatnya adalah dengan merebus adas manis, kapulaga, cengkih, pekak/buah bintang, dan kayu secang dengan 3 gelas air hingga mendidik, lalu kecilkan api dan masukkan kunyit serta jahe yang sudah dicuci dan diparut atau setidaknya dimemarkan. Masukkan daun sirih yang sudah diiris, lalu tutup panci dan masak selama 10 menit dengan api kecil.

Baca Juga:  Fakta Daun Bayam, Berbahaya Bagi Penderita Rematik dan Asam Urat

Anda bisa menambahkan gula kelapa untuk menambahkan cita rasa manis. Ramuan dapat diminum selagi hangat. Setelah meminum ramuan, sebaiknya Anda cukup istirahat agar stamina kembali pulih dan tubuh Anda menjadi lebih fit.


loading...