Manfaat Agar dalam Industri Pangan


Pertanianku – Pemanfaatan agar pada dasarnya berkaitan dengan sifat agar yang memiliki kemampuan membentuk gel yang baik, tingginya histeresis, sifat unik gelnya yang dapat kembali mencair dan memadat dengan pemanasan dan pendinginan (reversible), serta ditunjang oleh karakteristik sifat fisik teksturnya yang spesifik. Selain itu, pemanfaatan utama agar juga ditentukan oleh sifat titik lelehnya (melting point) yang tinggi. Meskipun agar dapat dimanfaatkan pada berbagai macam jenis aplikasi, secara umum 80% penggunaannya adalah untuk pangan dan sisanya 20% pada bidang nonpangan termasuk aplikasi yang berkaitan dengan farmasi dan bioteknologi (Armisen & Galatas, 2009).

Manfaat Agar dalam Industri Pangan

Seiring dengan kemajuan industri, agar kini banyak dimanfaatkan dalam industri, baik pada industri pangan maupun nonpangan. Dalam industri pangan, beberapa produk makanan yang banyak diproduksi dengan menggunakan bahan baku agar, antara lain pada pembuatan roti, jeli, permen, puding, cokelat, dan es krim.

Industri pangan merupakan industri yang sangat pesat perkembangannya menjanjikan karena pertumbuhan penduduk dunia yang cukup tinggi. Di samping itu, tingkat pendapatan per kapita akibat pertumbuhan ekonomi di beberapa kawasan menjadikan industri pangan menjadi industri strategis. Agar semakin banyak dimanfaatkan dalam berbagai jenis makanan di Eropa dan Amerika. Agar digunakan  sebagai bahan pengental pada industri es krim, jeli, permen, dan pastry. Agar juga digunakan dalam pembuatan shorbat, es krim, dan keju untuk pembentukan emulsi/stabilizer. Di Jepang, agar digunakan sebagai fortifikasi untuk serat pangan sehingga lebih menguntungkan bagi kesehatan. Agar juga digunakan sebagai penjernih pada berbagai industri minuman seperti bir, anggur, kopi, dan sebagai penstabil pada minuman cokelat. Pada konsentrasi 0,1—1%, agar biasa digunakan sebagai penstabil pada yoghurt, keju, permen, dan produk bakery (Anon, 2009).

Baca Juga:  Bagaimana sih Cara Membedakan Kopi Arabika dan Robusta?

 

Sumber: Buku Membuat Agar Dari Rumput Laut

loading...
loading...