Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman


Pertanianku — Banyak yang mengatakan bahwa air cucian beras (air leri) itu bisa menyuburkan tanaman. Sudah banyak yang mengaplikasikan dan membuktikan manfaat air cucian beras untuk tanaman mereka. Limbah organik ini sering kita buang begitu saja karena dianggap kotoran yang tidak bermanfaat.

air cucian beras
Foto: Shutterstock

Memang benar, tujuan mencuci beras sebelum dimasak adalah untuk membersihkan beras dari kotoran. Nah, jika Anda hobi berkebun, sebaiknya mulai hari ini jangan lagi membuang air cucian beras. Pasalnya, di dalam air cucian beras tersebut mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tanaman dan dapat membuat tanaman menjadi lebih subur.

Selain nutrisi, air cucian beras juga mengandung beberapa jenis bakteri yang bermanfaat untuk tanaman. Komposisi air beras selain 90% karbohidrat yang berupa pati, juga mengandung vitamin, mineral dan protein, 80% protein beras di sebut protein glutein. Kualitas protein glutein cenderung berupa zat lisin yang merupakan asam amino essensial pembatas.

Adapun penjelasan air beras di beberapa literatur hanya mengandung karbohidrat dan pati. Akan tetapi, jika menjabarkan 100% karbohidrat dalam jumlah tinggi akan membentuk proses terbentuknya hormon tumbuh berupa auksin, gibbereline, dan alanin. Ketiga jenis hormon tersebut bertugas merangsang pertumbuhan pucuk daun, mengangkut makanan ke sel-sel terpenting daun dan batang.

Dari struktur mikrobiologi, air beras juga punya keanekaragaman bakteri antagonis. Artinya, bisa melawan bakteri jahat atau patogen. Selain itu, juga dapat menginvasi sel telur hama kutu-kutuan menjadi pecah sebelum waktunya.

Oleh karena itu, tak ayal, daun yang selalu diaplikasikan dengan air cucian beras sebagai pupuk cair hayati cenderung sehat dan subur. Berikut ini beberapa jenis mikroorganisme bermanfaat yang dihasilkan dari air cucian beras.

Baca Juga:  Pemula Harus Budidaya Tanaman Tempuyung dengan Cara Ini

Kandungan hara air cucian beras

  • Nitrogen (N) : 70,55 ppm
  • Phosphor (P) : 60,65 ppm
  • Kalium (K) : 91,11 ppm
  • Besi (fe) : 09,95 ppm
  • Boron (B) : 06,44 ppm
  • Vitamin B : 205,44 ppm
  • Vitamin K : 11,12 ppm
  • Protein : 185,09 ppm