Manfaat Ajaib Daun Kemangi untuk Kesehatan


Pertanianku — Daun kemangi banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai menu lalapan. Anggota dari keluarga daun mint ini telah digunakan sebagai tanaman obat. Selain baunya yang wangi, ternyata ada beberapa manfaat ajaib daun kemangi yang belum diketahui banyak orang.

manfaat daun kemangi
Pertanianku

Ekstrak minyak daun kemangi dikatakan memiliki sifat anti-oksidan dan antibakteri. Setiap 2 sendok makan kemangi cincang segar menyediakan 27% dari rekomendasi vitamin K, serta vitamin A, mangan, dan magnesium. Berikut ini khasiat yang terdapat dalam nutrisi dari daun kemangi.

  1. Daun kemangi memiliki beberapa manfaat kesehatan sebagai minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene, dan terpineol. Senyawa ini diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.
  2. Daun kemangi mengandung banyak flavonoid polifenol seperti orientin dan vicenin. Senyawa ini diuji terhadap hati tikus di vitro laboratorium untuk kemungkinan perlindungan anti-oksidan melawan lipid radiasi oksidasi.
  3. Daun dari tanaman kemangi ini merupakan bagian tumbuhan yang sangat rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol. Akan tetapi, menjadi sumber yang sangat kaya akan nutrisi penting, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.
  4. Ramuan daun kemangi mengandung zat penting yang sangat tinggi seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein, dan zea xanthin. Senyawa ini bertindak untuk melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS).
  5. Setiap 100 gram daun kemangi segar mengandung 5.275 mg atau sekitar 175% dari dosis harian dalam vitamin A. Manfaat vitamin A dikenal memiliki sifat anti-oksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit tetap sehat.
  6. Ramuan daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  7. Vitamin K dalam kemangi sangat penting untuk banyak faktor dalam darah dan memainkan peran penting dalam fungsi tulang. Itu termasuk penguatan tulang dengan membantu proses mineralisasi pada tulang.
Baca Juga:  Kenali Penyakit Utama pada Budidaya Benih Cabai