Manfaat Ajaib Konsumsi Biji Chia


Pertanianku – Chia seed (biji chia) merupakan salah satu superfood yang kaya dengan kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh manusia. Dalam biji chia terdapat kandungan omega-3, karbohidrat, protein, fiber, anti-oksidan, dan kalsium. Mengapa chia seed aman dikonsumsi dan memiliki manfaat yang besar? Ini karena biji chia merupakan biji-bijian alami yang tidak diproses menggunakan teknologi canggih dan bahan-bahan kimia.

Manfaat Ajaib Konsumsi Biji Chia

Biji chia dapat langsung dikonsumsi atau bisa dicampurkan sebagai bahan makanan. Chia seed terdiri atas 2 jenis, yaitu chia seed hitam dan chia seed putih. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mencolok dari kedua jenis ini, hanya warnanya yang berbeda. Biji chia putih sedikit lebih gurih dibanding biji chia hitam. Akan tetapi, kandungan nutrisi dari kedua jenis ini masih sama, karena keduanya berasal dari satu keluarga. Pemilihan chia seed sendiri untuk dikonsumsi tergantung dengan kesukaan masing-masing. Jadi, tidak ada perbedaan yang sangat khusus antara kedua jenis biji chia tersebut.

Biji chia memiliki sumber protein lengkap yang menyediakan semua asam amino yang penting bagi tubuh dan sangat mudah dicerna. Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam biji chia yang selama ini tidak ketahui. Mengonsumsi chia seed setiap harinya akan dapat melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh kita sehari-hari.

Selain kaya dengan kandungan nutrisi dan mudah dicerna, biji chia ternyata sangat tahan lama. Biji chia dapat disimpan dalam keadaan kering selama 4—5 tahun. Selama jangka waktu tersebut biji chia tidak akan mengalami penurunan rasa, aroma, ataupun kandungan gizi dan nutrisinya.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam chia seed, selanjutnya kita akan membahas manfaat apa saja yang akan diperoleh oleh tubuh kita jika mengonsumsi biji chia. Berikut manfaat ajaib biji chia yang wajib Anda ketahui.

Baca Juga:  Menetralisir Keracunan dengan Air Kelapa, Mitos atau Fakta?

Biji chia atau chia seed saat ini naik daun sebagai makanan sehat. Banyak olahan makanan atau minuman sehat yang dibubuhi biji chia di atasnya seperti jus, oatmeal, atau yoghurt. Para ahli kesehatan mengklaim bahwa si kecil ini mampu meningkatkan energi, daya tahan tubuh, dan mengandung banyak nutrisi. Selain itu, biji chia mengandung serat, seng, kalium, fosfor, zat besi, belerang, mangan, tembaga, kalsium, omega-3, omega-6, dan berbagai macam vitamin.

Seperti dilansir dari boldsky, berikut beberapa alasan Anda wajib mengonsumsi biji chia.

  • Tidak hanya bayam yang kaya akan zat besi. Biji chia juga mengandung zat besi 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan bayam.
  • Biji chia mengandung zat anti-oksidan yang lebih tinggi dari buah beri-berian. Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam serangan penyakit.
  • Anda bisa mendapatkan suntikan kalsium dari si kecil biji chia.
  • Biji chia mengandung vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada jeruk.
  • Telur memang kaya protein. Namun, biji chia mengandung lebih banyak protein lebih banyak telur.
  • Bagi Anda penderita diabetes, cobalah untuk mengonsumsi biji chia. Sebab, biji chia berfungsi mengatur kadar gula darah.
  • Biji chia mengandung lebih banyak kalium dibanding pisang.
loading...
loading...