Manfaat Ajaib Mengonsumsi Kentang Beserta Kulitnya


Pertanianku —Kentang bisa digunakan sebagai bahan utama dan bahan tambahan berbagai makanan. Namun, seringkali kulit tak diikutsertakan untuk dikonsumsi. Padahal, mengonsumsi kentang bersama kulit memberikan tambahan jumlah nutrisi untuk tubuh.

mengonsumsi kentang bersama kulit
Foto: Pixabay

Seperti dilansir Huffington Post, berikut manfaat ajaib mengonsumsi kentang beserta kulitnya.

  1. Kaya kalium

Tak hanya pisang yang kaya kalium, kentang juga. Bahkan dengan mengonsumsi kentang beserta kulit mengandung 1.600 mg kalium, setengah dari jumlah kalium yang dibutuhkan tubuh per harinya. Terpenuhinya kebutuhan kalium jadi kunci penting untuk menghindari dehidrasi dan menurunkan tekanan darah.

  1. Kaya serat

Jika makan kentang beserta kulitnya, artinya telah mengonsumsi kebutuhan serat sekitar 7 gram atau sekitar seperempat dari kebutuhan per hari. Namun jika tanpa serat, banyaknya serat dalam kentang hanya 1 gram. Konsumsi kentang akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu, mengurangi risiko serangan jantung, menurunkan kolesterol, dan membantu mencegah diabetes.

  1. Sumber mangan

Kandungan nutrisi ini memang jarang dikenal, tapi tubuh membutuhkannya. Satu kentang besar dengan kulit mengandung 33% kebutuhan mangan per hari. Mangan berperan penting dalam pengolahan protein, karbohidrat, dan kolesterol.

  1. Kaya vitamin C

Banyak yang tak menduga, mengonsumsi kentang bersama kulitnya akan menutrisi vitamin C ke tubuh. Bahkan, satu kentang besar bisa berfungsi memenuhi setengah vitamin C kebutuhan Anda. Vitamin C penting bagi tubuh sebagai anti-oksidan dan membantu menyembuhkan luka.

  1. Kaya vitamin B6

Makan satu kentang beserta kulitnya telah memenuhi 46% vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini berfungsi dalam kerja kardiovaskular, pencernaan, dan kekebalan tubuh.

Baca Juga:  Cara Paling Efektif Konsumsi Alpukat untuk Ibu Hamil