Manfaat Ajaib Tanaman Avokad

Pertanianku —  Avokad termasuk buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena berfungsi menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung. Ternyata, tidak hanya buahnya yang mengandung banyak manfaat, tanaman avokad sendiri juga memiliki beberapa manfaat. Berikut ini deretan manfaat ajaib tanaman avokad yang dilansir dari buku Khasiat Ajaib Daun Avokad.

tanaman avokad
foto: Pixabay

Daging buah

Daging buah avokad sering dikonsumsi sebagai buah segar atau diolah menjadi minuman seperti jus dan dikombinasikan dengan buah lain menjadi hidangan yang lezat. Buah dengan tekstur daging yang lembut seperti mentega merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, folat, kalium, pitosterol, dan serat penting.

Selain dikonsumsi, daging buah avokad juga bisa digunakan sebagai bahan dasar kosmetik. Saat ini sudah banyak perawatan wajah dan tubuh yang menggunakan avokad. Hal ini dikarenakan tekstur buah yang halus saat diproses menjadi bubur dan mampu melembapkan kulit tubuh yang kering.

Avokad mengandung vitamin A dan E sehingga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk menghaluskan kulit, menghilangkan kerutan, serta membuat kulit terasa lebih kenyal dan muda.

Buah avokad juga bisa digunakan untuk creambath karena dapat membuat rambut lebih halus dan tidak mudah mengering.

Biji buah

Biji buah avokad dapat dimanfaatkan sebagai obat maag dengan cara diparut dan disaring sebelum diminum. Di dalam biji avokad kemungkinan terdapat komponen aktif yang mampu menetralkan asam lambung yang terlalu tinggi.

Selain itu, biji avokad juga berguna sebagai antiradang, menghilangkan rasa sakit, menyembuhkan sariawan mulut, mengobati sakit gigi, mengatasi diabetes mellitus, dan kencing manis.

Biji buah avokad juga sering digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur.

Daun avokad

Saat ini popularitas daun avokad sebagai obat herbal sedang naik daun. Sudah banyak masyarakat yang mengetahui daun avokad berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit, seperti batu ginjal dan rematik. Daun avokad juga diketahui bersifat melancarkan air seni dan sebagai antibakteri.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Seluk Beluk Budidaya Kopi sebagai Komoditas Andalan

Daun avokad yang tidak terlalu muda atau tidak terlalu tua sering digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan lemak darah (kolesterol, LDL, dan trigliserida).

Mengingat avokad merupakan buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat dengan menanam tanaman buah ini sendiri di pekarangan rumah. Buku Khasiat Ajaib Daun Avokad membahas berbagai macam manfaat dari buah avokad serta cara merawat tanamana avokad. Buku ini bisa Anda dapatkan dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke toko resmi Penebar Swadaya di  Shopee.