Manfaat Akar Alang-alang dan Cara Mengolahnya


Pertanianku — Alang-alang (Imperata cylindrica) sering dianggap sebagai tumbuhan pengganggu. Karena tumbuhan ini menyebar dengan akarnya yang menjalar dan dapat menyerang serta mengganggu ekosistem sekitarnya. Namun tahukah Anda, manfaat akar alang-alang sangat luar biasa untuk kesehatan, yakni sebagai obat herbal.

manfaat akar alang-alang
Foto: Shutterstock

Menurut situs Herbsia, berdasarkan penelitian menggunakan hewan percobaan, akar tanaman ini memiliki kemampuan diuretik. Lebih jelasnya, dalam dunia pengobatan hebal, manfaat akar alang-alang sudah dikenal luas. Berikut akan dijelaskan beberapa khasiat akar alang-alang dan cara mengolahnya.

  1. Pengobatan penyakit ginjal akut

Siapkan akar alang-alang yang masih segar sebanyak 60—120 gram. Potong menjadi kecil-kecil, lalu cuci hingga benar-benar bersih. Rebus akar alang-alang dengan air 3 gelas. Kemudian, tunggu dan biarkan mendidih sampai airnya tersisa hanya 1 gelas. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan sampai airnya mendingin, lalu saring untuk memisahkan akar dengan sarinya. Minumlah sari ini 2 kali sehari secara teratur.

  1. Pengobatan urine berdarah

Rebuslah 11 gram akar alang-alang yang masih segar dengan 2 liter air. Biarkan terus mendidih sampai airnya tersisa 1 liter (setengahnya). Minumlah sari ini secara teratur sampai keluhannya membaik.

  1. Pengobatan muntah darah

Cuci bersih 30—60 gram akar alang-alang yang masih segar. Lalu, potong-potong jadi lebih kecil dan rebus bersama 3 gelas air. Jika sudah mendidih, tunggu sampai airnya hanya tinggal 1 gelas. Sari ini bisa diminum setelah sudah dingin.

  1. Pengobatan hepatitis akut

Siapkan akar alang-alang yang sudah dikeringkan sebanyak 60 gram. Kemudian, rebus bersama 3 gelas air dan tunggu sampai airnya tersisa 1 gelas. Minumlah sari ini 2 kali sehari.

  1. Pengobatan gonorea

Siapkan 300 gram akar alang-alang yang masih segar. Cuci hingga bersih kemudian potong menjadi kecil-kecil. Taruh ke dalam air 2 liter dan rebus hingga mendidih dan tunggu sampai airnya tersisa sekitar 1,2 liter. Agar rasanya lebih enak, dapat ditambahkan gula batu secukupnya. Bagilah sarinya ini menjadi 3 gelas, dan minumlah 3 kali sehari. Lakukan kegiatan ini sampai 10 hari.

Baca Juga:  Manfaat Pare Belut untuk Atasi Berbagai Penyakit