Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Pertanianku— Asam jawa memiliki nama Latin Tamarindus indica L. memiliki rasa manis, asam, dan bersifat sejuk. Buah asam jawa sering dijadikan bahan campuran masakan untuk menambahkan rasa asam serta gurih. Selain itu, buah ini juga sering diolah menjadi minuman atau jamu yang berkhasiat untuk kesehatan.

asam jawa
foto: pixabay

Asam jawa mengandung bahan kimia seperti gula invert, tartatic acid, citric acid, serine, vitamin B3, geranial, limonene, pepetin, dan pipercolic acid. Bagian daun mengandung stexin, iovitexin, dan isoorientin.

Dari kandungan yang dimiliki asam jawa, buah ini dapat menghilangkan rasa sakit, sebagai peluruh kandungan atau abortivium, penurun panas, penambah nafsu makan, serta sebagai astringen dan tonik. Namun, ibu hamil dilarang untuk memakan buah asam jawa yang sudah tua. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh asam jawa.

Loading...

Batuk

Cuci bersih 10 gram daging buah dan seduh dengan 1 gelas air panas. Minum air seduhan tersebut secukupnya sebanyak 1 gelas per hari. Anda bisa menambahkan gula merah agar rasanya lebih nikmat.

Bisul

Cuci bersih daun asam jawa dan rimpang kunyit secukupnya, tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian bisul. Lakukan secara rutin hingga bisul benar-benar menghilang.

Gangguan pencernaan

Seduh 1—2 gram bubuk kulit kayu asam dengan 1 gelas air panas. Minum secara rutin ramuan sebanyak 1 gelas per hari agar mendapatkan efek yang optimal.

Karang gigi

Sangrai bagian biji asam secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Gosokkan tumbukan biji asam tersebut ke bagian karang gigi dengan kain atau sikat gigi untuk menghilangkan karang di gigi.

Menurunkan berat badan

Cuci bagian buah yang sudah masak secukupnya, lalu kupas kulitnya. Anda bisa memakannya sebagai camilan.

Baca Juga:  Khasiat Asparagus, Pembersih Pembuluh Darah Arteri dari Kolesterol

Mencegah rambut rontok

Campur buah yang sudah masak dengan sedikit air. Gunakan ramuan untuk memijat kulit kepala, lalu bilas dengan sampo dan air hingga bersih. Lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sariawan

Cuci bersih buah atau bubuk kulit kayu asam, lalu campurkan dengan air secukupnya. Gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur untuk menghilangkan sariawan.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...