Manfaat Avokad Untuk Kesehatan

Pertanianku – Masyarakat indonesia sudah sejak dulu telah melakukan serangkaian upaya penanggulangan penyakit menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu memanfaatkan daun avokad untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bagian tanaman avokad yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya, yaitu sebagai buah segar dan dibuat minuman seperti jus atau dikombinasikan dengan buah lain menjadi es buah, es campur, atau es teler. Daging buah avokad digunakan oleh masyarakat Eropa sebagai bahan pangan yang diolah dalam berbagai masakan. Misalnya, sebagai bahan campuran cake, salad, atau makanan lainnya.

avokad

Tidak hanya campuran makanan, Avokad juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan fungsi imun atau kekebalan pada tubuh. Buahnya merupakan sumber vitamin C sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit akibat perubahan cuaca yang tidak menentu.
  2. Mencegah risiko penyakit stroke. Kandungan asam folatnya berpotensi mencegah risiko penyakit stroke. Caranya cukup dengan makan satu buah avokad dalam sehari secara rutin.
  3. Menangkal radikal bebas. Kandungan Vitamin E dan C serta flavonoid sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab utama timbulnya penyakit kanker.
  4. Menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam buahnya berperan dalam melindungi mata dari degenerasi mata dan katarak.
  5. Menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam folat yang tinggi akan menjaga kesehatan jantung. Satu gelas avokad mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh.
  6. Menyembuhkan sakit maag. Akan tetapi, belum diketahui dengan pasti senyawa apa yang berperan aktif.
  7. Mencegah kanker prostat. Senyawa yang terkandung didalamnya dapat mencari sel kanker yang baru timbul lalu menghancurkannya tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya.
  8. Membantu menurunkan kolesterol. Kandungan beta-sitosterolnya yang cukup tinggi telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol.
  9. Mencegah bayi lahir cacat. Asam folatnya berguna untuk mencegah penyakit Spina Bifida pada janin yang dikandung. Spina Bifida adalah keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung. Asam folat adalah nutrisi yang penting dikonsumsi untuk ibu hamil agar calon buah hati terhindar dari cacat otak dan kerusakan sumsum tulang belakang.
Baca Juga:  Pupuk Hijau dari Daun Gamal, Membuat Tanaman Langsung Subur

Sumber: Buku Khasiat Ajaib Daun Avokad


loading...