Manfaat Avokad Untuk Kosmetik dan Kecantikan

Pertanianku – Masyarakat indonesia sudah sejak dulu telah melakukan serangkaian upaya penanggulangan penyakit menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu memanfaatkan daun avokad untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bagian tanaman avokad yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya, yaitu sebagai buah segar dan dibuat minuman seperti jus atau dikombinasikan dengan buah lain menjadi es buah, es campur, atau es teler. Daging buah avokad digunakan oleh masyarakat Eropa sebagai bahan pangan yang diolah dalam berbagai masakan. Misalnya, sebagai bahan campuran cake, salad, atau makanan lainnya.

Avokad (2)

Tidak hanya campuran makanan, Avokad juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan sebagai berikut.

  1. Buah avokad sering digunakan untuk terapi memperkecil kantung mata.
  2. Berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit pada wanita hamil agar terlihat lebih lembap. Pada wanita hamil, kulitnya menjadi sensitive karena perubahan hormon. Buah avokad mengandung berbagai zat dan vitamin yang dibutuhkan kulit dalam pembentukan jaringan kolagen. Buah avokad mengandung mineral dan vitamin antara lain zat besi, kalsium, phospor, zodium, potasium, vitamin A, B kompleks, C, dan E.
  3. Daging buahnya dapat dijadikan bahan dasar untuk cream wajah. Antioksidan dan asam amino yang terkandung dalam avokad dapat membantu membuang racun yang mengakibatkan penuaan dini dan kerutan pada kulit. Vitamin A dalam avokad membantu untuk mengangkat sel kulit mati dari tubuh.
  4. Minyak buahnya dapat dengan mudah diserap oleh kulit dan cocok dijadikan lotion untuk memijat. Minyaknya dapat meresap ke dalam dan mampu memberi nutrisi pada lapisan kulit serta membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.
  5. Buah avokad juga bisa melembapkan kulit yang kering.
  6. Buah avokad sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Avokad untuk membuat rambut berkilau, lembut dan bercahaya.
Baca Juga:  Jangan Sampai Salah Menentukan Lokasi untuk Menanam Pohon Manggis

Sumber: Buku Khasiat Ajaib Daun Avokad


loading...